PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN LATIHAN DAN BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSINGBAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MINI SISWA PUTRA KELAS 4 SDN I WONOGIRI TAHUN 2008/2009

WARDIANTO, GATOT (2009) PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN LATIHAN DAN BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSINGBAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MINI SISWA PUTRA KELAS 4 SDN I WONOGIRI TAHUN 2008/2009. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1832Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)Perbedaan pengaruh pembelajaran latihandan bermainterhadap peningkatan keterampilan passing bawah pada permainan bola voli mini siswa putra kelas 4 SDN I Wonogiri tahun 2008/2009; (2) Pengaruh pembelajaran yang lebih baik antara pembelajaran latihandan bermainterhadap peningkatan keterampilan passingbawah pada permainan bola voli mini siswa putra kelas 4 SDN I Wonogiri Tahun 2008/2009. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pretest –posttest designs. Penelitian ini adalah penelitian populasi, yaitu menggunakan seluruh populasi sebagai orang coba, sampel yang dipakai adalahseluruh siswaputra kelas 4 SDN I WonogiriTahun 2008/2009 yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes passingbawah. Teknik analisis data dengan rumus t -tes dengan taraf signifikansi 5% dan uji beda presentase. Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut: (1)Ada perbedaan pengaruh antara pembelajaran latihandan bermainterhadap peningkatan keterampilan passingbawah pada permainan bola voli mini siswa putra kelas 4 SDN I Wonogiri Tahun 2008/2009dengan Thitung = 2.5992 > Ttabel = 2.086(2) Besarnya presentasepada pembelajaran latihansebesar 46,42%sedangkan pada pembelajaran bermainbesarnya presentasepeningkatan adalah 84,5%, pembelajaranbermain lebih baik pengaruhnya terhadap peningkatan keterampilan passing bawahpada permainan bola voli mini siswa putra kelas 4 SDN I Wonogiri Tahun 2008/2009 denganselisis presentase peningkatan sebesar 38,08%.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 19 Aug 2013 18:01
    Last Modified: 19 Aug 2013 18:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9983

    Actions (login required)

    View Item