PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI METODE OBSERVASI LABORATORIUM DAN LINGKUNGAN DITINJAU DARI KEINGINTAHUAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Wahyuni, Endang Tri and Sugiyarto, and Sunarno, Widha (2012) PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI METODE OBSERVASI LABORATORIUM DAN LINGKUNGAN DITINJAU DARI KEINGINTAHUAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. JURNAL INKUIRI. pp. 1-9. ISSN 2252-7893

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biologi dengan pendekatan CTL melalui metode observasi laboratorium dan lingkungan ditinjau dari keingintahuan dan kemandirian terhadap prestasi belajar. Penelitian menggunakan metode eksperimen pada bulan September 2011 sampai April 2012. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Karangpandan tahun pelajaran 2011/2012. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 2 kelas. Pengumpulan data untuk variabel tes prestasi belajar dengan metode tes, sedangkan keingintahuan dan kemandirian menggunakan angket. Data prestasi belajar menggunakan analisis variansi,taraf signifikansi 95%. data menggunakan desain factorial 2x2x2 Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) tidak ada pengaruh pembelajaran dengan pendekatan CTL melalui metode observasi laboratorium dan lingkungan terhadap prestasi belajar. (2) terdapat pengaruh keingintahuan siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar. (3) terdapat pengaruh kemandirian belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar. (4) terdapat pengaruh interaksi antara metode observasi laboratorium dan lingkungan dengan keingintahuan siswa tehadap prestasi belajar. (5) terdapat pengaruh interaksi antara metode observasi laboratorium dan lingkungan dengan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. (6) terdapat pengaruh interaksi antara keingintahuan siswa dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. (7) tidak terdapat pengaruh interaksi antara metode observasi laboratorium dan metode observasi lingkungan, keingintahuan siswa, kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Kata kunci: CTL, Observasi laboratorium, Observasi Lingkungan, Keingintahuan Siswa, Kemandirian Belajar,

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 849 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2013 23:27
Last Modified: 08 Jul 2013 23:30
URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/995

Actions (login required)

View Item