PENERAPAN PROMOTIONAL MIX YANG EFISIEN GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. KUSUMA MULIA TEXTILE SURAKARTA

WASANA, DENY DWI (2009) PENERAPAN PROMOTIONAL MIX YANG EFISIEN GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. KUSUMA MULIA TEXTILE SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (0b)

    Abstract

    PENERAPAN PROMOTIONAL MIX YANG EFISIEN GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. KUSUMA MULIA TEXTILE SURAKARTA DENY DWI WASANA F3206117 Pemasaran merupakan faktor yang sangat menentukan dalam perencanaan dan mengambil keputusan dalam sebuah perusahaan. Pemasaran bertujuan untuk mencakup pasar yang luas dan juga untuk memperoleh keuntungan yang diinginkannya. Promotional mix adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-varibel periklanan, personal selling dan alat promosi yang lain yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan promotional mix yang efisien pada PT. KUSUMA MULIA TEXTILE dan untuk mengetahui efisiensi variabel promosi yang digunakan. Sedangkan variabel promosi yang dilakukan oleh PT. KUSUMA MULIA TEXTILE adalah melalui periklanan seperti (yellow pages Telkom) dan pemberian kartu nama, maka konsumen menjadi lebih mudah untuk mengetahui informasi tentang jenis produk yang dijual tanpa harus datang langsung ke perusahaan, Personal selling adalah dengan kunjungan langsung melalui sales promotion kepada konsumen, Promosi penjualan yaitu melalui pemberian sampel dan pemberian diskon, dan publisitas adalah sejumlah informasi tentang seseorang, barang atau organisasi yang disebarluaskan kepada masyarakat melalui media tanpa dipungut biaya atau tanpa pengawasan dari sponsor. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan promosi yang efisien dilakukan oleh PT. KUSUMA MULIA TEXTILE dari tahun 2006 s/d 2008 adalah periklanan. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis memberikan beberapa saran yaitu sebagai berikut: 1) Perusahaan sebaiknya dapat menerapkan iklan seperti pesaing yang lain yaitu melalui surat kabar dan media elektronik dalam melakukan kegiatan promosinya agar dapat memperoleh keuntungan yang optimal dan supaya permintaan konsumen tidak mengalami penurunan. 2) Untuk perkembangan ke depan sebaiknya perusahaan perlu melakukan penelitian agar dapat menentukan target promosi yang paling efisien dan berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan perusahaan. 3) Sebaiknya perusahaan meningkatkan lagi kegiatan promosinya melalui media yang modern seperti lewat internet agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. 4) Diharapkan perusahaan dapat mempertahankan kegiatan promosinya yang paling efisien yaitu lewat periklanan, karena dilihat dari tahun 2006-2008 prosentase efisiensinya adalah sebesar 0,06%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Aldhila Maharani
    Date Deposited: 28 Jul 2013 19:58
    Last Modified: 28 Jul 2013 19:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9867

    Actions (login required)

    View Item