UPAYA MENINGKATKAN PE NGUASAAN KONSEP BILANGAN PADA A NAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS 1 SD N 01BEJEN KARANGANYAR MELALUI PERMAINAN CONGKLAK (DAKON)

KUSUMASTUTI , HARTATININGSIH (2009) UPAYA MENINGKATKAN PE NGUASAAN KONSEP BILANGAN PADA A NAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS 1 SD N 01BEJEN KARANGANYAR MELALUI PERMAINAN CONGKLAK (DAKON). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (0b)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan penguasaan konsep bilangan anak berkebutuhan khusus kelas 1 semester 1 SD Negeri 01 Bejen Karanganyar melalui permainan congklak atau dakon. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – Mei 2009. Adapun subyek dari penelitian ini adalah Anak Berkebutuhan Khusus kelas 1 SD Negeri 01 Bejen Karanganyar yang mengalami kesulitan belajar matematika sejumlah 8 anak. Penentuan subyek penelitian berdasarkan nilai matematika anak dan pengamatan terhadap anak pada saat mengikuti pelajaran matematika. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan cara tes, o bservasi, wawancara dan dokumentasi. Sedang analisis data menggunakan tehnik analisis deskriftif komparatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Perolehan nilai setelah siklus I. t erdapat perubahan nilai hampir pada setiap anak. Perubahan nilai satu digit terjadi pada 3 anak, dua digit terjadi pada 2 anak dan tiga digit terjadi pada 3 anak. Meskipun mengalami kenaikan, tetapi masih ada 4 anak yang nilainya dibawah 6 atau di bawah KKM. Sehingga dapat dikatakan pada siklus pertama kenaikan nilai sesuai standar yang diinginkan masih belum memenuhi target, karena baru 50 % keberhasilannya. Hasil perolehan nilai setelah dilakukan tindakan II adalah sebagai berikut : t erdapat perubahan nilai hampir pada setiap anak. Perubahan nilai 0,5 terjadi pada 2 anak, satu digit terjadi pada 3 anak , dua digit terjadi pada 2 anak , dan tiga digit terjadi pada 1 anak. Kenaikan nilai terjadi juga pada siklus II, yaitu sebesar 87,5% ada 1 anak yang per olehan nilai terakhir masih di bawah ni lai 6 atau masih di bawah KKM. Kata kunci : Konsep bilangan , ABK, permainan dakon

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Na'imatur Rofiqoh
    Date Deposited: 28 Jul 2013 18:26
    Last Modified: 28 Jul 2013 18:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9850

    Actions (login required)

    View Item