UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI SENAM KEBUGARAN JASMANI 2008 SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 GEMURUH KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SAMSI, (2011) UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI SENAM KEBUGARAN JASMANI 2008 SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 GEMURUH KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (460Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Samsi. UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI SENAM KEBUGARAN JASMANI 2008 SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 GEMURUH KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas maret Surakarta, Juni 2011 Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi Peningkatan Kebugaran Jasmani melalui Senam Kebugaran Jasmani 2008 dan meningkatkan hasil belajar siswa, bagi sekolah dapat memunculkan inovasi dalam pembelajaran olahraga dan kesehatan sehingga pembelajaran lebih bermakna. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Gemuruh Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara, sebanyak 38 siswa, yang dilaksanakan dalam 2 siklus,masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Metodologi tujuan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta evaluasi belajar siswa. Berdasarkan Hasil penelitian ini diperoleh simpulan, hasil belajar siswa selama proses pembelajaran siklus I sampai Siklus II mengalami peningkatan. nilai rata-rata ulangan harian siswa yang dicapai pada siklus I ini adalah 68.1, sedangkan pada Siklus II ini adalah 81.1. Siswa yang mengalami ketuntasan belajar mencapai 35 siswa atau 92,1% dari 38 siswa, sedangkan yang belum tuntas mencapai 3 siswa atau 7.89% dari 38 siswa. Ketuntasan belajar mencapai 92.1% melebihi indikator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar sampai 80%. Sedangkan untuk aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke Siklus II. hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh siswa dalam Observasi terhadap siswa pada Siklus I dengan nilai yang cukup baik yaitu 2.5, sedangkan pada siklus II Aktivitas siswa sudah mengalami peningkatan dengan kriteria nilai Baik dengan rata-rata penilaian 3.2. Kesimpulan dalam penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 27 Jul 2013 09:21
    Last Modified: 27 Jul 2013 09:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9788

    Actions (login required)

    View Item