PENGARUH METODE MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEBIDANAN PADA MATA KULIAH KESEHATAN REPRODUKSI DI STIKES DIAN HUSADA MOJOKERTO

IDAYANTI, TITIEK (2011) PENGARUH METODE MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEBIDANAN PADA MATA KULIAH KESEHATAN REPRODUKSI DI STIKES DIAN HUSADA MOJOKERTO. Masters thesis, universitas sebelas maret.

[img] PDF
Download (599Kb)

    Abstract

    Tujuan: Untuk Mengetahui: (1) Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa yang diberi metode diskusi dan metode ceramah, (2) Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa yang memiliki motivasi rendah dan motivasi tinggi, (3) Interaksi anatara metode mengajar dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Metode: Quasi Experiment dengan desain factorial 2x2. Penelitian ini dilaksanakan di Stikes Dian Husada Mojokerto pada mahasiswa semester II TAHUN 2011/2012, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II Stikes Dian Husada Mojokerto yang berjumlah 346 orang. Sempel dalam penelitian ini adalah 55 mahasiswa.Stikes Dian Husada yang diberi perlakuan metode ceramah dan 55 mahasiswa Stikes Dian yang diberikan perlakuan metode diskusi. Intrumen yang digunakan adalah berupa alat tes soal dan angket motivasi belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah Analisis Varians Dua Jalur (Two Way Anova) pada taraf signifikan α = 0.05. Hasil: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa antara yang diberi metode diskusi dengan metode ceramah dengan nilai Fhitung 29,227 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar anatara mahasiswa yang memiliki motivasi rendah dengan motivasi tinggi dengan nilai Fhitung 64.945 dengan nilai segnifikansi 0.000 < 0.05. (3) Terdapat interaksi pengaruh anatara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai Fhitung 4,154 dengan nilai signifikasi 0,044 < 0.05. Simpulan: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang diberi metode ceramah dan diskusi. (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar anatara mahasiswa yang memiliki motivasi rendah dan motivasi tinggi. (3)Terdapat interaksi pengaruh antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa semester II Stikes Dian Husada Mojokerto. Kata kunci: Prestasi belajar, metode mengajar, dan motivasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Users 857 not found.
    Date Deposited: 27 Jul 2013 04:22
    Last Modified: 27 Jul 2013 04:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9770

    Actions (login required)

    View Item