MEKANISME KERJA DESAIN GRAFIS PADA CV. CAKRA MULTI PROMOSINDO

Suwanto, Rio Versyan (2010) MEKANISME KERJA DESAIN GRAFIS PADA CV. CAKRA MULTI PROMOSINDO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (525Kb)

    Abstract

    Kita tidak menyadari, bahwa hidup kita selalu dikelilingi oleh karya-karya desainer grafis Brand-Born yang bernama Saul Bass. Bass telah mendesain packaging makanan sehari-hari dan logo dari perusahaan-perusahaan yang berjumlah 500 perusahaan di dunia. Ia telah mendesain logo pusat bahan bakar terkenal di dunia dan telah mendapatkan piala Oskar. Desain Grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual teks atau gambar untuk menyampaikan pesan atau informasi. Seni Desain Grafis mencakup kemampuan kognitif dan ketrampilan termasuk typografi, pengolahan gambar dan page layout. Desainer grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif. Desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis komunikasi lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan (mendesain) atau pun produk yang dihasilkan (desain/rancangan). Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik - yang sering kali disebut sebagai "desain interaktif" (interactive design), atau "desain multimedia (multimedia design)”. Bidang desian grafis tidak pernah lepas dari tujuan komersial dan pengekspresian seni yang disampaikan dalam bentuk visual baik secara elektonik maupun non elektronik yang di dalamnya mempunyai arti penyempurnaan pesan untuk dipublikasikan tanpa memperhatikan tugas spesifik seorang desainer grafis yang mempunyai dua tujuan yang saling berhubungan. Jika dilihat dari beberapa pengertian Desain Grafis di atas, maka dapat disimpulkan tujuan desain grafis adalah menyampaikan sebuah pesan kepada audiens (masyarakat) dan menciptakan desain yang bersifat memaksa kehendak pengirim pesan atau bersifat menyenangkan yang akan menyempurnakan pesan yang disampaikan. Sedangkan manfaat desain grafis dibidang pendidikan dapat dilihat dari berbagai segi, yaitu : 1. Mempercepat proses belajar mengajar dengan cara menyajikan suatu pelajaran dalam bentuk grafis. 2. Memperkenalkan dunia desain grafis kepada siswa dapat mengimplementasikannya di dalam lingkungannya. 3. Memperkenalkan kepada siswa tentang program aplikasi desain grafis. 4. Mempersiapkan siswa agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan yang disampiakan dalam bentuk grafis. Desain grafis juga haruslah memenuhi beberapa unsur yang dapat menunjang keberhasilan desainny, unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut : 1. Kesederhanaan atau proporsional (Proportion) Dilakukan demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan. Dalam penggunaan huruf sebuah berita misalnya. Huruf judul (headline), sub judul dan tubuh berita (body text) sebaiknya jangan menggunakan jenis font yang ornamental dan rumit, seperti huruf blackletter yang sulit dibaca. Desainer grafis lazim juga menyebut prinsip ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid). 2. Keseimbangan ( Balance) Adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip keseimbangan ada dua, yaitu keseimbangan formal (simetris) dan keseimbangan informal (non-simetris). 3. Kesatuan (Unity) Adalah keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. 4. Penekanan (Emphasis) Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud. 5. Repetisi (Rhythm) Merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval. waktu antara dua nada musik beruntun yang sama. Dengan adanya saling keterkaitan dalam elemen-elemen tersebut maka penulis mencoba membuat analisis tentang peran seorang desainer grafis di CV. Cakra Multi Promosindo dengan judul “Mekanisme Kerja Desain Grafis”

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 27 Jul 2013 00:45
    Last Modified: 27 Jul 2013 00:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9745

    Actions (login required)

    View Item