DESAIN GRAFIS PERIKLANAN DALAM MENCIPTAKAN BRAND IMAGE DI PT. GALANGPRESS MEDIA UTAMA

Kuncoro, Mahaghaniy Gelar (2010) DESAIN GRAFIS PERIKLANAN DALAM MENCIPTAKAN BRAND IMAGE DI PT. GALANGPRESS MEDIA UTAMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (489Kb)

    Abstract

    Dalam kehidupan manusia yang semakin kompleks perkembangan periklanan mengalami perkembangan yang pesat, dalam segi visual maupun audiovisual. Perkembangan ini merupakan efek dari semakin kompleksnya kehidupan manusia dan dinamika persaingan dalam berbagai bidang usaha. Kebutuhan akan adanya periklanan berkembang seiring dengan expansi penduduk dan pertumbuhan kota-kota yang dipenuhi oleh banyak toko, restoran dan pusat-pusat perdagangan besar. Iklan memang sudah tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Dalam survey yang dilakukan oleh harian Kompas (1 juli 2002) di sepuluh kota besar di Indonesia, tercatat tidak kurang dari 70 persen responden mengaku suka menirukan iklan yang ditayangkan media, baik dalam meniru gambar, ucapan, teks, jingle atau lagu. Proses imitasi iklan ini, terjadi mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Ketika periklanan semakin diperlukan tujuan untuk segmentasi pasar yang tepat, targeting dan posisioning semakin penting, maka kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang handal di bidang komunikasi dalam kemampuannya memberikan layanan jasa yang memuaskan bagi para klien adalah tuntutan pasar kepada sebuah iklan yang mengunakan ide-ide yang cemerlang untuk menunjang suatu usaha, pencitraan ataupun hanya menerapkan makna-makna tertentu. Suatu ide yang cemerlang ditunjang dengan desain-desain yang terkonsep dengan baik dan mampu menciptakan ketertarikan yang baik. Dalam dunia periklanan, fungsi desain grafis merupakan suatu hal yang sangat penting untuk memainkan emosi masyarakat dengan menggambarkan sebuah dunia yang ditransformasikan melalui imajinasi- imajinasi. Dalam segi desain grafis dunia yang digambarkan adalah dunia yang lebih menarik, menakjubkan, lebih ajaib, dan lebih segalanya dari dunia real. Melalui model simulasi tersebut, manusia dijebak kedalam sebuah ruang yang didasarinya sebagai nyata, meskipun sesungguhnya semua hanya khayalan belaka. Pengolahan gambar-gambar grafis membawa fantasi, pencitraan dan makna-makna tertentu seperti yang ditampilkan oleh sebuah desain yang terkonsep dengan baik. Suatu desain bisa menghasilkan efektivitas yang diharapkan harus menggabungkan kombinasi kreativitas, riset pemasaran dan media. Agar suatu pesan informasi desain dapat tersampaikan oleh sekelompok sasaran yang tepat. Walaupun bagaimanapun kreativ atau rumitnya suatu desain kalau tidak sampai kepada khalayak sasaran yang dituju, maka respon yang diharapkan tidak dapat dicapai secara optimal. Sebuah desain terkadang begitu cerdiknya, sehingga senantiasa di ingat. Produk desain tidak mengeluarkan seluruh sosok produknya tetapi konsumen bisa mengingat dari tanda-tandanya, seperti gambar yang menarik atau hiasan yang unik, karena pada akhirnya jika seseorang mengingat tanda-tanda khas dari suatu desain ia akan terdorong untuk mengingat dan mengidentifikasikan hal-hal penting lainya yang tertera pada desain tersebut. Apabila pesan informasi sudah optimal diharapkan untuk menciptakan respon perilaku di pasaran yang ditandai dengan ketertarikan terhadap barang dengan membelinya. Kredibilitas seorang visualiser desain grafis menjadi penting untuk mendapatkan banyak order desain. Karena mengacu pada kepercayaan untuk menangani strategi komunikasi desain periklanan dan pemasaran produknya. Mulai dari Konsep, Brainstorming, Breefing, Kreatif dan Produksi hingga sampai pada masyarakat karena sebuah desain juga menyangkut pencitraan suatu perusahaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 27 Jul 2013 00:33
    Last Modified: 27 Jul 2013 00:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9741

    Actions (login required)

    View Item