EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MESIN CNC DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL PADA KELASXITEKNIK PEMESINAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI I BLORA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Sanjaya, Dony Ebta (2009) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MESIN CNC DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL PADA KELASXITEKNIK PEMESINAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI I BLORA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1124Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap efektivitas pembelajaran dan untuk meningkatkan keaktifan pada siswa kelas II teknik pemesinan SMK Negeri I Blora dalam pelajaran mesin CNC (Computer Numerically Controlled) Pada waktu peneliti berada di bangku SMK merasa masih kurang dalam penyampaian materi yang diberikan oleh guru.karena guru hanya menggunakan pembelajaran konvensional (Ceramah). Selain itu peneliti juga mendapat akses yang mudah pada waktu mengadakan penelitian dikarenakan peneliti alumni dari SMK tersenbut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas/Classroom Action Research (PTK) yang bersifat kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK N 1 Blora dan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XITeknik Pemesinan (XI TPM 1). dan sebagai subyek penelitian adalah 37 siswa.. Pelaksanaan tindakan yang telah dilakukan mulai dari : Pra penelitian, tindakan ini di awali dengan konsultasiantara penelitidengan guru mata pelajaran CNC tentang kondisi nyata yang terjadi saat pelajaran CNC di selenggarakan. Siklus 1, setelah mendapatkan keterangan lengkap tentang apa yang terjadi pada saat pelajaran CNC, peneliti dan guru mata pelajaran CNC sependapat untukmembuat rencana awal sebelum pembelajaran berlangsung. Pembelajaran yang sedang berlangsung tersebut diamati oleh peneliti tentang keadaan kelas, keaktifan siswa, cara guru mengajar yang nantinya akan menjadi suatu data pengamatan beserta catatan-catatankecil yang terjadisaat pembelajaran berlangsung. Yang siklus nantinya akan diadakan refleksi terhadap tahapan-tahapan yang telah dilakukan untuk mencari kelemahan saat v pembelajaran berlangsung nantinya yang akan dijadikan acuan pada siklus berikutnya agar mencapai tujuan dalam pembelajaran CNC. Kelemahan dalam pembelajaran pada siklus 1 ini nantinya akan diperbaiki di siklus 2 dan seterusnya. Data yang di dapatkan dari siklus 1, 2, dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian penerapan media pembelajaran ini menunjukkan adanya pengaruh efektifitas dan peningkatan dalam pembelajaran siswa. Hal ini dapat dilihat dari : Tingkat keaktifan siswa meliputi: a) keberanian siswa menjawab pertanyaan guru meningkat yaitu dari 14 siswa (37.8 %) menjadi 18 siswa (48.6 %); b) keaktifan siswa untuk menjelaskan jawaban pada siswa lainmeningkat yaitu dari 5 siswa (13.5 %) menjadi 11 siswa (29.7 %); c) keaktifan siswa untuk menanyakan pertanyaan yang dirasanya kurang jelas dari 4 siswa (10.8 %) menjadi 14 siswa (37.8 %); d) keaktifan siswa dalm mengerjakan soal latihan dengan usaha sendiri yaitu dari 27 siswa (73 %) menjadi 32 siswa (86.5 %). Kesimpulan penelitian ini dapat meningkatkan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Visual dengan bantuan Laptop dan LCD Proyektormaka akan meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang pembelajaran CNC, Sehingga Efektivitas pembelajaran dapat dicapai. Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran visual dengan bantuan laptop danLCD proyector yang diterapkan dapat meningkatkan efektifitaspembelajaran hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya aktivitas belajar siswa. Proses tindakan pertama dengan materi pembelajaran prinsip-prinsip kerja mesin CNC menunjukkan aktivitas belajar siswa sebesar 27 % dan pada proses tindakan kedua dengan materi pembelajaran cara menulis propgram mesin CNCmeningkat menjadi 50.7 %. Hal ini terbukti di setiap tindakan atau siklus terjadi peningkatan secara bertahap ke arah peningkatan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Lia Primadani
    Date Deposited: 26 Jul 2013 23:21
    Last Modified: 26 Jul 2013 23:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9736

    Actions (login required)

    View Item