EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA SMP DI KABUPATEN SRAGEN

Wharyanti Ika, Purwaningsi (2011) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA SMP DI KABUPATEN SRAGEN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Progam Pasca Sarjana.

[img] PDF - Published Version
Download (686Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Wharyanti Ika Purwaningsih. S850809222. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa SMP Di Kabupaten Sragen. Komisi Pembimbing I, Prof. Dr. Budiyono, M.Sc, dan Pembimbing II Drs. Suyono, M.Si.. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2011. Penelitian ini bertujuan: 1). untuk mengetahui manakah pembelajaran yang memberikan prestasi belajar lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan TAI. 2). untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai minat belajar tinggi lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai minat belajar sedang maupun rendah dan apakah prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai minat belajar sedang lebih baik daripada prestasi belajar metematika siswa yang mempunyai minat belajar rendah. 3). untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan TAI menghasilkan prestasi belajar yang berbeda pada tiap-tiap tingkat minat belajar siswa dan apakah prestasi belajar pada tingkat minat belajar siswa akan berbeda pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan TAI. Penelitian ini termasuk eksperimental semu dengan desain faktorial 2×3 yang dilakukan di Kelas VII SMP Kabupaten Sragen semester 1 Tahun Pelajaran 2010/2011. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified cluster random sampling. Pengumpulan datanya dilakukan melalui tes pilihan ganda dan angket minat belajar siswa. Teknik analisis datanya menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, 1). model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan prestasi belajar matematika siswa yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. 2). prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai minat belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai minat belajar sedang maupun rendah dan siswa yang mempunyai minat belajar sedang mempunyai prestasi belajar yang sama baik dengan siswa yang mempunyai minat belajar rendah. 3). model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI baik untuk siswa dengan minat belajar tinggi, sedang, maupun rendah. Sedangkan prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai minat belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai minat belajar sedang maupun rendah dan siswa yang mempunyai minat belajar sedang mempunyai prestasi belajar yang sama baik dengan siswa yang mempunyai minat belajar rendah baik untuk siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw maupun TAI. Kata Kunci : Minat Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Team Assisted Individualization.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Users 853 not found.
    Date Deposited: 26 Jul 2013 21:49
    Last Modified: 26 Jul 2013 21:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9715

    Actions (login required)

    View Item