PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN TGT MENGGUNAKAN PERMAINAN WORDSQUARE DAN CROSSWORD DITINJAU DARI KEINGINTAHUAN DAN GAYA BERPIKIR SISWA SMP (Studi Kasus pada Materi Fisika Alat-alat Optik untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bojonegoro Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010)

RAHAYU, PUDJI (2011) PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN TGT MENGGUNAKAN PERMAINAN WORDSQUARE DAN CROSSWORD DITINJAU DARI KEINGINTAHUAN DAN GAYA BERPIKIR SISWA SMP (Studi Kasus pada Materi Fisika Alat-alat Optik untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bojonegoro Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Progam Pasca Sarjana.

[img] PDF - Published Version
Download (2480Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Pudji Rahayu, S830809217, 2009, ”Pembelajaran Fisika dengan TGT Menggunaan Permainan Word Square Dan Cross Word ditinjau dari Keingintahuan dan Gaya Berfikir Siswa SMP” (Studi kasus pada materi fisika alat-alat optik untuk kelas VIII SMP Negeri 4 Bojonegoro tahun pelajaran 2009-2010, Jawa Timur). Tesis; Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing I : 1). Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd; 2). Dra. Suparmi, MA, Ph.D. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh prestasi belajar antara teknik pembelajaran TGT (Team Games Tournaments) dengan menggunakan permainan word square dan cross word, 2) Pengaruh prestasi belajar antara siswa yang mempunyai keingintahuan tinggi dan keingintahuan rendah, 3) Pengaruh prestasi belajar antara siswa yang mempunyai gaya berpikir linier dan gaya berpikir acak, 4) Interaksi antara permainan dan keingintahuan terhadap prestasi belajar siswa, 5) Interaksi antara permainan dan gaya berfikir terhadap prestasi belajar siswa, 6) Interaksi antara keingintahuan dan gaya berfikir terhadap prestasi belajar siswa, 7) Interaksi antara permainan, keingintahuan, dan gaya berfikir terhadap prestasi belajar. Penelitian dilaksanakan mulai bulan April sampai Desember 2010, dengan populasi siswa kelas VIII SMPN 4 Bojonegoro semester II tahun pelajaran 2009/2010. Populasinya kelas VIII, sampel penelitian menggunakan sampel acak mengambil 2 kelas. Kelas pertama (VIIIE) yang diberi permainan word square dan kelas kedua (VIIIG) yang diberi permainan cross word. Tes diberikan untuk prestasi belajar, dan angket untuk keingintahuan dan gaya berpikir siswa. Hipotesis menggunakan Anava tiga jalan 2x2x2 dan uji lanjut menggunakan uji schefee’. Hasil uji ANAVA yang menggunakan taraf signifikasi 5% dan Ftabel = 3,91, menunjukkan : 1) ada pengaruh prestasi belajar antara penggunaan permainan wordsquare dan crossword (Fobs = 20,10), 2). ada pengaruh prestasi belajar keingintahuan tinggi dan keingintahuan rendah, (Fobs = 17,93), 3) tidak ada pengaruh prestasi belajar gaya berpikir linier dan gaya berpikir acak (Fobs = 0,68), 4). ada interaksi antara media dan keingintahuan terhadap prestasi belajar (Fobs = 4,08), 5) ada interaksi antara media dan gaya berpikir terhadap prestasi belajar (Fobs = 54,35), 6) ada interaksi antara keingintahuan dan gaya berpikir terhadap prestasi belajar (Fobs = 4,48), 7) ada interaksi antara media, keingintahuan, dan gaya berpikir terhadap prestasi belajar (Fobs = 9,42). Kata Kunci : Team Games Tournaments, Wordsquare, Crossword, Keingintahuan, Gaya berpikir, Alat-alat optik, Prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Desi Arista
    Date Deposited: 26 Jul 2013 21:32
    Last Modified: 26 Jul 2013 21:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9710

    Actions (login required)

    View Item