DESAIN DALAM PROSES PRODUKSI MEDIA PROMOSI DI CV. PAPAN ATAS SOLO

HERDIANTO, DANIEL (2008) DESAIN DALAM PROSES PRODUKSI MEDIA PROMOSI DI CV. PAPAN ATAS SOLO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (241Kb)

    Abstract

    Dari waktu ke waktu perubahan dan kemajuan dunia begitu cepat terasa, begitu juga dengan kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi begitu ketat kita rasakan. Kemajuan teknologi pun turut serta dalam mendukung persaingan dalam dunia usaha. Sehingga setiap perusahaan memiliki caranya sendiri untuk memajukan usahanya. Disinilah teknologi ikut andil dalam dunia usaha. Yaitu dalam pengenalan produk terhadap konsumen dengan melalui periklanan. Periklanan dapat dilakukan dalam beberapa media, baik media elektronik, media cetak maupun media luar ruang. Pemilihan media pun berdasarkan kebutuhan dan fungsi dalam promosi sebuah produk atau jasa itu sendiri. Tiap-tiap media memiliki keunggulannya masing-masing. Keunggulan tersebut misalnya dari sudut visual maupun audio. Disinilah seorang kreatif atau biasa disebut sebagai desainer grafis berperan serta dalam menampilkan desain yang menarik dan sesuai dengan media yang dipilih oleh suatu perusahaan dalam mempromosikan produk atau jasanya. Dalam hal ini penulis akan menyampaikan bahwa sebuah desain dalam prosesnya tidaklah asal-asalan. Karena didalam pembuatan sebuah desain iklan, seorang desainer dituntut untuk selalu bekerja efektif kreatif serta iklan yang dibuat haruslah, mudah dimengerti dan memiliki nilai estetika. Tuntutan itu sudah menjadi hal yang wajar bagi seorang desainer. Konsep yang matang juga diperlukan guna meyakinkan pemasang iklan atau klien, karena jika mereka yakin bahwa iklan yang akan dibuat, bermutu dan bisa diterima oleh audience. Mereka akan menyerahkan job itu kepada kita. Oleh sebab itu, seorang desainer tertantang untuk selalu membuat dan menciptakan konsep dan ide-ide yang fresh (segar) dan baru namun terarah tujuannya. Disinilah penulis ingin menerapkan ilmu yang diterima selama dibangku perkuliahan dan belajar hal baru, yang tidak penulis dapatkan selama kuliah. Dari sini penulis ingin mengenal lebih dekat proses produksi media promosi dan belajar membuat desain yang tepat dalam penerapannya. Dari awal hingga akhir (finishing). Dengan begitu, penulis akan lebih banyak belajar akan berbagai hal mengenai desain grafis dalam pembuatan media promosi (iklan).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Users 866 not found.
    Date Deposited: 26 Jul 2013 17:53
    Last Modified: 26 Jul 2013 17:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9675

    Actions (login required)

    View Item