KEGIATAN DESAINER GRAFIS DI CV. MEDIA ARTHA ADVERTISING SURAKARTA ( PERIODE 3 MARET – 3 APRIL 2008 )

Saputro, Cyndhu Mulyo Suro (2008) KEGIATAN DESAINER GRAFIS DI CV. MEDIA ARTHA ADVERTISING SURAKARTA ( PERIODE 3 MARET – 3 APRIL 2008 ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (202Kb)

    Abstract

    Proses komunikasi tidak lepas dari media komunikasi. Fungsi media adalah sebagai sarana untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan. Sampai saat ini media komunikasi berkembang pesat dan hingga saat ini terus menerus dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan manusia. Bentuk-bentuk komunikasi interpersonal bersarana teknologi semakin meluas hingga akhir dekade ini. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin ekspansif, kebutuhan akan sumber daya manusia di bidang industri komunikasi sangat dibutuhkan. Era ini menjadikan informasi sebagai elemen penting yang membuat manusia untuk terus memproduksi, mengolah dan mendistribusikan informasi kepada masyarakat. Informasi disampaikan dengan berbagai cara, iklan merupakan salah satunya. Di awal perkembangannya iklan hanya bersifat informative atau hanya sebagai pengumuman tentang segala sesuatu yang ditawarkan. Namun seiring dengan perkembangan zaman hal tersebut tidak relevan lagi, ini dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan juga semakin banyaknya competitor. Di zaman ini iklan bukanlah sematamata pengumuman saja, namun lebih luas lagi iklan harus bisa menarik 10 perhatian audience yang terpecah perhatiannya dengan banyaknya iklan yang mereka lihat. Dengan demikian iklan diposisikan bukan hanya alat untuk melakukan penjualan, namun iklan juga sebagai produk kreatif yang ketika iklan itu dibuat dalam prosesnya mempertimbangkan aspek- aspek estetika atau aspek keindahan. Jadi segala sesuatu yang memiliki nilai estetis atau nilai keindahan itu menarik dan segala sesuatu yang menarik itu bersifat menjual. Berdasarkan fakta tersebut, dalam dunia periklanan bagian kreatif merupakan ujung tombak dari suatu perusahaan periklanan, yaitu bagian yang bertanggung jawab dalam perencanaan dan penentuan suatu iklan hingga bisa mencapai tujuan mengapa iklan itu dibuat. Bagian kreatif inilah yang menerjemahkan strategi dasar menjadi suatu bentuk iklan seperti yang sering kita lihat di media. Bagian kreatif hendaknya berisi orang-orang yang bersifat dinamis dan memiliki kreatifitas tinggi. Karena dalam dunia kreatif terjadi pergantian trend, gaya, dan juga terjadi pergeseran kriteria kreatif secara terus menerus (kontinyu) seiring dengan perkembangan dunia. Para creator dituntut untuk peka dan tanggap terhadap perkembangan zaman dan mereka harus peka terhadap trend pada masa itu, bahkan sebisa mungkin para creator diharapkan membuat suatu trend sebagai ciri khasnya dan bisa merubah sesuatu yang biasa menjadi luar biasa. Selain itu para creator yang bisa menciptakan trend sendiri dan berhasil diterima masyarakat pasti akan sangat bangga terhadap hasil karya mereka.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Aldhila Maharani
    Date Deposited: 26 Jul 2013 17:47
    Last Modified: 26 Jul 2013 17:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9674

    Actions (login required)

    View Item