PROSES PRODUKSI IKLAN BPD MELALUI PT ARESTA LINTAS MEDIA YOGYAKARTA

NUGROHO, CITRA ARI (2008) PROSES PRODUKSI IKLAN BPD MELALUI PT ARESTA LINTAS MEDIA YOGYAKARTA. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img] PDF - Published Version
Download (477Kb)

    Abstract

    Pada dasarnya periklanan adalah bagian dari kehidupan industri modern, dan hanya bisa ditemukan di negara-negara maju atau negara-negara yang tengah mengalami perkembangan ekonomi secara pesat. Periklanan juga cenderung mencerminkan kemajuan ekonomi suatu masyarakat. Keberhasilan dari suatu perekonomian secara nasional banyak di tentukan oleh kegaiatan-kegiatan periklanan dalam menunjang usaha penjualan yang menentukan kelangsungan hidup produksi pabrik-pabrik, terciptanya lapangan pekerjaan, serta adanya hasil yang menguntungkan dari seluruh uang yang telah diinvestasikan. Karena itulah, kondisi periklanan, termasuk tingkat kecanggihan penyajiannya di negara-negara maju sangat berbeda dengan apa yang kita temui di negara-negara berkembang. Tingkat kemakmuran suatu bangsa juga dicerminkan oleh sejauh mana bangsa yang bersangkutan telah menggunakan fungsi-fungsi iklan. Di masa lampau, ketika seorang pemilik toko atau pedangang eceran menjual barangbarang dagangan mereka dengan memamerkan ala kadarnya, jelas bahwa apa yang kita kenal sebagai periklanan dewasa ini sangat sulit ditemukan. Bentuk awal periklanan itu sendiri terbatas pada papan-papan nama sederhana yang menunjukan nama sebuah penginapan, nama bar kecil, serta kios tukang cukur yang dihiasi dengan tabung putar warna-wani atau hiasan lainnya yang sederhana. Kebutuhan akan adanya periklanan berkembang seiring dengan ekspansi penduduk dan pertumbuhan kota-kota yang dipenuhi oleh banyak toko, restoran, dan pusat-pusat perdagangan besar. Hal lain yang turut mempengaruhi perkembangan periklanan adalah tumbuhnya pola-pola produksi secara massal di berbagai pabrik, terbukanya jaringan komunikasi darat (dalam bentuk jalan raya dan rel-rel kereta api) yang mengalirkan berbagai barang dari suatu tempat ke tempat yang lain, serta terbitnya surat-surat kabar populer yang menjadi tempat menarik untuk memasang iklan. Produksi berbagai macam barang secara besar-besaran mengharuskan pihak produsen membawa dan mengenalkannya secara aktif kepada para calon konsumen dan itu harus dilakukannnya melalui periklanan. Produsen tidak bisa lagi berdiam diri menunggu datangnya pembeli. Tanpa iklan, para konsumen yang tinggal jauh dari pusat-pusat produksi tidak akan memperoleh informasi mengenai adanya sesuatu barang yang dibutuhkannya. Proses ini berlangsung selama sekitar dua ratus tahun di negara-negara industri maju.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Users 866 not found.
    Date Deposited: 26 Jul 2013 17:43
    Last Modified: 26 Jul 2013 17:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9673

    Actions (login required)

    View Item