TAHAPAN DALAM PEMBUATAN BALIHO DAN BILLBOARD DI PT. PRADITA ADIPARIWARA

Sulaksmono, Bimo (2008) TAHAPAN DALAM PEMBUATAN BALIHO DAN BILLBOARD DI PT. PRADITA ADIPARIWARA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (162Kb)

    Abstract

    Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju, mendorong akan munculnya berbagai media. Media cetak dan media elektronik adalah hasil dari adanya kemajuan dan perkembangan teknologi. Media cetak terdiri dari : surat kabar, majalah, dan lain – lain. Media elektronik terdiri dari : televisi, radio, komputer, jaringan nirkabel, dan lain – lain. Media cetak dan media elektronik selalu digunakan oleh khalayak luas sebagai alat yang efektif untuk melakukan kegiatan beriklan. Iklan merupakan suatu alat untuk melakukan kegiatan promosi. Promosi sangat dibutuhkan oleh perusahaan – perusahaan dan pengusaha - pengusaha dari kelas atas sampai kelas bawah dalam hal memasarkan dan mengenalkan produk kepada khalayak luas serta untuk membantu penjualan dari suatu produk atau jasa. Iklan secara tidak langsung mampu menarik perhatian khalayak luas, sebab suatu iklan yang ditampilkan di berbagai media menggunakan ide dan kreatifitas dari professional yang telah berpengalaman di dunia periklanan. Iklan sendiri mempunyai sifat persuasif, dimana seseorang yang melihat iklan secara berulang – ulang maka seseorang yang tadinya hanya melihat dan kemudian memperhatikan, selanjutnya akan ada respon untuk membeli. Hal tersebut di atas yang mendorong perusahaan maupun pengusaha suatu produk atau jasa untuk menggunakan iklan sebagai ajang untuk berpromosi. x Pemilik perusahaan maupun pengusaha dalam beriklan bukan hanya bertujuan untuk promosi saja, tetapi sebagai alat untuk membangun kepercayaan kepada konsumen. Kepercayaan yang dimaksud adalah tentang kualitas dari produk maupun jasa yang diiklankan. Iklan harus mempunyai nilai kejujuran dan kebenaran. Iklan harus mempunyai sifat santun dimana setiap iklan yang ditampilkan tidak mengandung unsur – unsur pornografi maupun pornoaksi. Bagi perusahaan maupun pengusaha, iklan adalah alat untuk bersaing dengan kompetitor – kompetitornya. Kompetitor adalah pesaing utama dalam dunia bisnis maupun dunia usaha. Dimana kompetitor akan melakukan apa saja untuk mendapatkan atau menarik konsumen yang sudah mempunyai keyakinan atau loyalty pada suatu produk maupun jasa yang diciptakan oleh suatu perusahaan atau pengusaha. Oleh karena hal tersebut di atas, untuk menjaga agar konsumen yang telah mempunyai keyakinan akan suatu produk tidak lari ke kompetitor, perusahaan dan pengusaha berusaha melakukan kegiatan beriklan secara terus – menerus dengan penggunaan ide – ide yang menarik serta kreatifitas yang mampu menggugah selera konsumen tentunya tanpa mengurangi kualitas dari produk maupun jasa yang diiklankan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Aldhila Maharani
    Date Deposited: 26 Jul 2013 17:29
    Last Modified: 26 Jul 2013 17:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9671

    Actions (login required)

    View Item