OPTIMALISASI METODE LATIHAN DAN TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA CHINA DI LEMBAGA KURSUS “HAN YU MANDARIN TALK” SURAKARTA

Santi, Damai Nur Kumala (2010) OPTIMALISASI METODE LATIHAN DAN TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA CHINA DI LEMBAGA KURSUS “HAN YU MANDARIN TALK” SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1341Kb)

    Abstract

    Penulisan laporan tugas akhir ini dilatarbelakangi permasalahan bahwa materi bahasa China dengan metode tutorial kurang memadai dalam pembelajaran bahasa China. Metode satu arah ini membuat siswa bosan dan kurang tertarik untuk belajar bahasa China. Tujuan dari laporan ini adalah untuk menjelaskan optimalisasi metode latihan dan tanya jawab mampu meningkatkan prestasi belajar siswa di Lembaga Kursus HAN YU Mandarin Talk Surakarta. Yang kedua yakni mendeskripsikan hambatan yang dihadapi siswa Lembaga Kursus Han Yu Mandarin Talk Surakarta dalam proses belajar bahasa China dengan mengoptimalkan latihan dan tanya jawab. Adapun penulisan laporan tugas akhir ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penulis juga mengopi data dari internet untuk mendukung laporan tugas akhir ini. Optimalisasi metode latihan dan tanya jawab di Lembaga Kursus Han Yu Mandarin Talk membawa perkembangan prestasi belajar siswa. Selain itu dari hasil evaluasi kegiatan belajar yang didapat melalui tanya jawab lisan dan tertulis memberikan hasil yang baik. Pokok masalah yang dihadapi dalam proses belajar bahasa China dengan mengoptimalkan metode latihan dan tanya jawab yakni kadang siswa yang sudah pintar / rajin mengikuti pelajaran bosan dengan materi yang diulang-ulang. Hambatan lain yang ditemui dalam proses belajar mengajar bahasa China yakni ada beberapa siswa yang sering tidak masuk. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut guru memberikan latihan dalam bentuk permainan, sehingga tidak membuat mereka bosan dan bisa membantu membangkitkan minat mereka untuk belajar bahasa China kembali. Berangkat dari hasil laporan tugas akhir ini dapat ditarik simpulan bahwa optimalisasi metode latihan dan tanya jawab mampu meningkatkan prestasi belajar bahasa China di lembaga kursus Han Yu Mandarin Talk Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: Users 851 not found.
    Date Deposited: 26 Jul 2013 16:28
    Last Modified: 26 Jul 2013 16:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9643

    Actions (login required)

    View Item