EKSPERIMMENTASI EMBELAJAARAN MATEMATIK DENGAN PENDEKKATAN KONTEEKSTUAL DAN DIREECT INSTRUUCTION ADA POKO BAHASA PENGUKURAN WAKTU, SUDUT DAN KECEPAATAN DITINNJAU DAR AKTIVITTAS BELAAJAR SISW KELAS V SD NEGEERI DI KECAMATA TERAS TAHUN PELAJARRAN 2010/20011

SETYANNINGSIH, RINI (2011) EKSPERIMMENTASI EMBELAJAARAN MATEMATIK DENGAN PENDEKKATAN KONTEEKSTUAL DAN DIREECT INSTRUUCTION ADA POKO BAHASA PENGUKURAN WAKTU, SUDUT DAN KECEPAATAN DITINNJAU DAR AKTIVITTAS BELAAJAR SISW KELAS V SD NEGEERI DI KECAMATA TERAS TAHUN PELAJARRAN 2010/20011. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (524Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rini Setyaningsih. S850809314. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual dan Direct Instruction pada Pokok Bahasan Pengukuran Waktu, Sudut dan Kecepatan Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Teras Tahun Pelajaran 2010/2011. Pembimbing I: Dr. Mardiyana, M.Si. Pembimbing II: Triyanto, S.Si, M.Si. Tesis : Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah prestasi belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan kontekstual lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, (2) apakah prestasi belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan direct instruction lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, (3) apakah prestasi belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan kontekstual lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran menggunakan direct instruction, (4) apakah prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang aktivitas belajarnya sedang dan rendah, serta apakah siswa yang mempunyai aktivitas belajar sedang lebih baik prestasinya dibandingkan dengan siswa yang mempunyai aktivitas rendah, (5) apakah pada siswa dengan aktivitas tinggi, pembelajaran kontekstual menghasilkan prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan direct instruction dan apakah direct instruction menghasilkan prestasi lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional, (6) apakah pada siswa dengan aktivitas sedang, pembelajaran kontekstual menghasilkan prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan direct instruction dan apakah direct instruction menghasilkan prestasi lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional, (7) apakah pada siswa dengan aktivitas rendah, pembelajaran konvensional menghasilkan prestasi yang lebih baik dibandingkan pembelajaran kontekstual dan apakah pembelajaran kontekstual menghasilkan prestasi yang lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan direct instruction. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Teras tahun pelajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dari 9 sekolah dilakukan dengan stratified random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika dan instrumen angket aktivitas belajar matematika siswa. Instrumen tes dan angket diujicobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas instrumen tes dan angket dilakukan oleh validator, reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20 dan reliabilitas angket diuji dengan rumus Alpha. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa: (1) prestasi belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan konvensional, (2) prestasi belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan direct instruction lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan konvensional, (3) prestasi belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan direct instruction, (4) prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mempunyai aktivitas belajar sedang dan rendah, dan siswa yang mempunyai aktivitas belajar sedang lebih baik prestasinya dibandingkan dengan siswa yang mempunyai aktivitas belajar rendah, (5) pada siswa dengan aktivitas belajar tinggi, pembelajaran kontekstual menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan direct instruction dan direct instruction menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional, (6) pada siswa dengan aktivitas belajar sedang, pembelajaran kontekstual menghasilkan prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan direct instruction dan direct instruction menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional, (7) pada siswa dengan aktivitas belajar rendah, pembelajaran kontekstual menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran direct instruction dan pembelajaran direct instruction menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Pendekatan kontekstual, Direct instruction, Aktivitas belajar siswa. ABSTRACT Rini Setyaningsih. S850809314. An Experimentation of Contextual Teaching Learning and Direct Instruction on Measurement Topic Viewed from Students’ Activity The Fifth Grade Students of Elementary School in Teras District in The Academic Year of 2010/2011. Supervisor I: Dr. Mardiyana, M.Si. Supervisor II: Triyanto, S.Si, M.Si. Thesis : Mathematics Education Department, Postgraduate of Sebelas Maret University, Surakarta. 2011. This research is aimed to find out : (1) which one is better, contextual teaching learning or conventional learning approach in improving the students’ mathematics learning achievement, (2) which one is better, direct instruction or conventional learning approach in improving the students’ mathematics learning achievement, (3) which one is better, contextual teaching learning or direct instruction in improving the students’ mathematics learning achievement, (4) whether the students mathematics learning achievement with a high learning activity have better learning achievement in mathematics than those with the moderate and low students learning activity, and whether the students mathematics learning achievement with moderate learning activity have better learning achievement inmathematics than those with the low one, (5) on students with a high learning activity, whether the students mathematics learning achievement with contextual are better than those the student with direct instruction and the students mathematics learning achievement with direct instruction are better than those the student mathematics learning with conventional approach, (6) on students with a moderate learning activity, whether the students mathematics learning achievement with contextual are better than those the student with direct instruction and the students mathematics learning achievement with direct instruction are better than those the student mathematics learning with conventional, (7) on students with a low learning activity, whether the students mathematics learning achievement with conventional are better than those the student with contextual teaching learning and the students mathematics learning achievement with contextual are better than those the student mathematics learning with direct instruction. This research is a quasi experimental. The population of the research is all the fifth grade students of elementary school in teras district in the academic year 2010/2011. The samples are taken by using stratified random sampling. The instruments used to collect data are achievement test instruments and questionnaire instruments are tested and tried before used to get data. The validity of the test instruments and questionnaire instruments are conducted by a validator, the reliability of the test is tested and tried using formula KR-20 and the reliability of the questionnaire instruments is tested using Alpha formula. From the data analysis, it can be concluded that : (1) contextual teaching learning gives a better result than conventional learning approach, (2) direct instruction gives a better result than conventional learning approach, (3) contextual teaching learning gives a better result than direct instruction, (4) the students mathematics learning achievement for the students with high learning activity is better than those who have a moderate and low learning activity, and the students mathematics learning achievement with a moderate learning acticity is better than the students who have low learning activity, (5) on students with a high learning activity, the students mathematics learning achievement with contextual is better than those the student with direct instruction and the students mathematics learning achievement with direct instruction is better than those the student mathematics learning with conventional, (6) on students with a moderate activity, the students mathematics learning achievement with contextual is better than those the student with direct instruction and the students mathematics learning achievement with direct instruction are better than those the student mathematics learning with conventional, (7) on students with a low activity, the students mathematics learning achievement with contextual is better than those the student with direct instruction and the students mathematics learning achievement with direct instruction is better than those the student mathematics learning with conventional. Keywords: Contextual teaching learning, Direct instruction, Students’ learning activity.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Uncontrolled Keywords: Pendekatan kontekstual, Direct instruction, Aktivitas belajar siswa. Contextual teaching learning, Direct instruction, Students’ learning activity.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 26 Jul 2013 13:29
    Last Modified: 26 Jul 2013 13:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9622

    Actions (login required)

    View Item