ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA KSP BMT PRIMA DINAR NGADILUWIH

MARUTO, SURYO (2011) ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA KSP BMT PRIMA DINAR NGADILUWIH. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (951Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh secara parsial dimensi kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan nasabah KSP BMT Prima Dinar Ngadiluwih, (2) mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara kualitas pelayanan jasa yang diberikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan jasa pada KSP BMT Prima Dinar Ngadiluwih dan (3) untuk mengetahui dimensi kualitas pelayanan jasa yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada KSP BMT Prima Dinar Ngadiluwih. Populasi dari penelitian ini adalah para nasabah yang menyimpan di KSP BMT Prima Dinar Ngadiluwih dan menggunakan sampel sebanyak 100, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability dengan metode convenience sampling. Variabel yang digunakan adalah kepuasan nasabah sebagai variabel dependen dan kualitas jasa yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible sebagai variabel independen. Alat analisis yang di gunakan adalah regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Hasil dalam penelitian ini diperoleh bahwa dimensi kualitas jasa yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible berpengaruh signifikan secara parsial maupun bersama-sama terhadap kepuasan nasabah pada KSP BMT Prima Dinar Ngadiluwih. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada KSP BMT Prima Dinar Ngadiluwih adalah dimensi reliability, oleh karena itu reliability (keandalan) BMT Prima Dinar perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Selain itu, ke empat dimensi yang lain harus lebih diperhatikan dan ditingkatkan kualitasnya agar kepuasan para nasabah tetap terjaga. Kata kunci : Kualitas pelayanan, kepuasan nasabah, tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, kepuasan nasabah, tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 26 Jul 2013 13:25
    Last Modified: 26 Jul 2013 13:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9621

    Actions (login required)

    View Item