PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Teams Games Tournament) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TLOMPAKAN III KECAMATAN TUNTANG TAHUN AJARAN 2010/2011

YUNIKA PUTRI, ERNY (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Teams Games Tournament) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TLOMPAKAN III KECAMATAN TUNTANG TAHUN AJARAN 2010/2011. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2244Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Erny Yunika Putri, NIM K7107030. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Teams Games Tournament) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TLOMPAKAN III KECAMATAN TUNTANG TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi, Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2011. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk: (1) Meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Tlompakan III, (2) Memaparkan cara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan, (3) Memaparkan cara mengatasi kendala yang terjadi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri Tlompakan III. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pencatatan arsip, dan tes. Teknik analisis data menggunakan model deskriptif komparatif dan analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Tlompakan III, yaitu ditandai dengan: Siswa kelas IV sebanyak 18 anak mengalami peningkatan hasil belajar yaitu sebelum tindakan 39%, siklus I (KKM 60) 50%, siklus II (KKM 65) 94%, dan siklus III (KKM 70) 100% siswa belajar tuntas., (2) Cara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) merupakan perwujudan lima langkah penerapan pembelajaran tipe TGT (Teams Games Tournament) yaitu presentasi kelas, kerja tim/kelompok, permainan, turnamen, dan rekognisi tim/kelompok. (3) Cara mengatasi kendala yang terjadi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) ini adalah: (a) Pembentukan tim/kelompok belajar dilakukan oleh guru berdasarkan urutan nomor absen untuk mengatasi kebingungan siswa saat membentuk kelompok. (b) Pemilihan ketua tim/kelompok belajar oleh guru yang bertanggung jawab pada kegiatan kerja kelompok untuk mengatasi kurangnya kerja sama diantara anggota kelompok. Berdasarkan simpulan yang dibuat, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran Matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Tlompakan III tahun ajaran 2010/2011. ABSTRACT Erny Yunika Putri, NIM K7107030. APPLICATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE TGT (Teams Games Tournament) TO INCREASE THE STUDENT’S ABILITY OF STORY FRACTION PROBLEM SOLVING IN IV GRADE SD NEGERI TLOMPAKAN III SUB DISTRICT OF TUNTANG, 2010/2011. Minithesis, Surakarta, Teacher Training and Education Faculty. Sebelas Maret University of Surakarta, April 2011. The aim of this classroom action research are (1) to increase the student’s ability of story fraction problem solving in IV Grade SD Negeri Tlompakan III, (2) describing about cooperative learning model application type TGT (Teams Games Tournament) to increase their ability in story fraction problem solving, (3) describing about strategies to counter the obstacles in cooperative learning model application type TGT (Teams Games Tournament) to increase the student’s ability in story fraction problem solving. Subjects of this research are students of IV Grade SD Negeri Tlompakan III. Type of research is class action research includes three cyclic, every cyclic includes four stages: they are planning, acting, observing, and reflecting. Data collecting technique used in this research is observation, recording the documentation, and test. Analysis data used in this research is descriptive comparative and interactive analysis includes three components, they are data reduction, data display, and drawn the conclusion or verification. Based on research results, it concluded that (1) cooperative learning model application type TGT (Teams Games Tournament) is able to increase student’s ability in story fraction problem solving in IV Grade SD Negeri Tlompakan III, it indicated with as much as 18 Fourth Grade students experience the increasing of their learning achievement, that is, before class action 39% Cyclic I (KKM 60) 50%, Cyclic II (KKM 65) 94%, and Cyclic III (KKM 70) 100% of students are mastered their learning, (2) the way of cooperative learning application type TGT (Teams Games Tournament) is a manifestation of five stages learning model application of TGT model, they are class presentation, team working, games, tournament, and team/group recognition, (3) strategies to counter the obstacles in cooperative learning model application type TGT (Teams Games Tournament) are (a) making the team/group learning by teacher based on presentation student number to avoids the student complication in making group, (b) choosing the chief of learning group/team by teacher who responsible in teamwork activities to counter less teamwork between the members of group. Based on the conclusion it may be proposed about recommendation that mathematic learning through cooperative learning model type TGT (Teams Games Tournament) is able to increase the student’s ability in story fraction problem solving of IV Grade Students SD Negeri Tlompakan III, 2010/2011.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 26 Jul 2013 02:16
    Last Modified: 26 Jul 2013 02:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9603

    Actions (login required)

    View Item