EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA KELAS X SEMESTER I DI KABUPATEN WONOGIRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011

ARI DWI UTAMI, THERESIA (2011) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA KELAS X SEMESTER I DI KABUPATEN WONOGIRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (523Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Theresia Ari Dwi Utami. S850809219. 2011. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Numbered Heads Together (NHT) pada Pembelajaran Matematika Siswa SMA Kelas X Semester I di Kabupaten Wonogiri Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Tahun Pelajaran 2010- 2011. Komisi Pembimbing I Drs. Tri Atmojo K, M.Sc, Ph.D dan Pembimbing II Drs. Budi Usodo, M.Pd. Tesis. Surakarta : Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat menghasilkan hasil belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (2) apakah hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan awal yang lebih tinggi, lebih baik daripada siswa yang mempunyai kemampuan awal yang lebih rendah, (3) manakah di antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT yang memberikan hasil belajar yang lebih baik ditinjau dari tingkat kemampuan awal tinggi, sedang maupun rendah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain faktorial 2×3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA di Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2010-2011. Jumlah anggota sampel dalam penelitian ini adalah 204 siswa diperoleh dengan cara stratified cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tes awal dan tes hasil belajar. Untuk menguji validitas instrumen dilakukan oleh validator, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas tes digunakan rumus Kuder-Richardson 20. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2010 sampai Mei 2011. Analisis data dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Hasil analisis variansi dua jalan dengan taraf signifikansi = 5%, menunjukkan (1) penggunaan pendekatan pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas X untuk materi sistem persamaan linear (Fa = 9,15 > 3,84 = F(0,05;1;198)), (2) kemampuan awal siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas X untuk materi sistem persamaan linear (Fb = 138,56 > 3,00 = F(0,05;2;198)) dan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar pada siswa kelas X untuk materi sistem persamaan linear (Fab=1,36 3,00 = F(0,05;2;198)). Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran tipe STAD lebih baik dari model pembelajaran tipe NHT pada siswa kelas X pada materi sistem persamaan linear (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan awal yang tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai kemampuan awal yang sedang dan rendah, dan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan awal yang sedang lebih baik daripada siswa yang mempunyai kemampuan awal yang rendah (3) untuk setiap kategori kemampuan awal tinggi, sedang maupun rendah, model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Kata kunci : STAD, NHT, Kemampuan Awal ABSTRACT Theresia Ari Dwi Utami. S850809219. 2011. The Experimentation of Cooperative Learning Model using Student Teams Achievement Division (STAD) and Numbered Heads Together (NHT) on Subject Linear Equation System Viewed from Students Prior Competence of Senior High School Students Grade X at Wonogiri Regency Academic Year 2010-2011. The First Commision of Supervision is Drs. Tri Atmojo K, M.Sc, Ph.D and Second Supervision is Drs. Budi Usodo, M.Pd. Thesis. Surakarta: Study Program of Mathematics Education, Postgraduate Program of Sebelas Maret University. The aims of this research are to know: (1) whether cooperative learning model using STAD type can give better result than cooperative learning model using NHT type on subject of linear equality system. (2) whether the result of student learning achievement in mathematics who have a high prior competence better than those who have a middle or low prior competence. (3) which one of both cooperative learning model using STAD type and NHT type, that achieves better result for students viewed from student’s prior competence that have a high prior, middle prior or low prior competence. The research uses a quasi experiment with 2×3 factorial design. The population of research is senior high school student grade X at Wonogiri Regency of academic year 2010-2011. The number of participants in this research was 204 students and it was obtained by stratified random sampling. The data was collected by using pre test and the evaluation’s result. The validity of test instrument was done by validator and realibity of test used Kuder-Richardson 20. A study was conducted in April 2010 to May 2011. The technique used to analyze data in this study was two ways variance analysis with different cells. The results of two ways variance analysis at significance level =5% show that (1) there is an effect of learning approach usage on the mathematics students’ learning achievement of students grade X in the subject matter of linear equation system (Fa = 9.15 > 3.84 = F(0.05;1;198)), (2) there is an effect of prior competence usage on the mathematics learning achievement of students grade X in the subject matter of linear equality system (Fb = 138.56 > 3.00 = F(0.05;2;198)) and (3) there is no interaction between the cooperative learning model and the students prior competence in the learning achievement of grade X in the subject matter of linear equation system (Fab = 1.36 3.00 = F(0.05;2;198)) The conclusion of this research are: (1) Students learning achievement using cooperative learning model STAD type is better than cooperative learning model using NHT type. (2) the mathematics student`s learning achievement who have high prior competence better than the student who have middle and low prior competence and the students who have middle prior competence better than the student who have low prior competence (3) The cooperative learning model using STAD type gives better result than cooperative learning using NHT type on each student prior competence. Key words : STAD, NHT, Prior Competence

    Item Type: Thesis (PhD)
    Uncontrolled Keywords: STAD, NHT, Kemampuan Awal, Prior Competence
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 25 Jul 2013 22:07
    Last Modified: 25 Jul 2013 22:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9581

    Actions (login required)

    View Item