MOTIVASI DAN KEPUASAN MENGGUNAKAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK (Studi korelasi antara Motivasi, Penggunaan dan Kepuasan Menggunakan Jejaring Sosial Facebook dalam Menjalin Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Swadana Transfer Angkatan 2008 FISIP UNS)

Hidayanti, Asri (2010) MOTIVASI DAN KEPUASAN MENGGUNAKAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK (Studi korelasi antara Motivasi, Penggunaan dan Kepuasan Menggunakan Jejaring Sosial Facebook dalam Menjalin Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Swadana Transfer Angkatan 2008 FISIP UNS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1196Kb)

    Abstract

    ASRI HIDAYATI, D1208527, MOTIVASI DAN KEPUASAN MENGGUNAKAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK (Studi korelasi antara Motivasi, Penggunaan dan Kepuasan Menggunakan Jejaring Sosial Facebook dalam Menjalin Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Swadana Transfer Angkatan 2008 FISIP UNS) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan jejaring sosial facebook yang sedang fenomenal di Indonesia. Facebook sebagai media baru untuk berinteraksi dapat memudahkan dalam menjalin komunikasi interpersonal. Motivasi yang mempengaruhi dalam penggunaan jejaring sosial facebook akan berpengaruh juga terhadap kepuasan yang akan diperolehnya. Hal tersebut yang mendorong penulis untuk mengetahui apakah motivasi menggunakan jejaring sosial facebook mempengaruhi intensitas penggunaannya, apakah intensitas penggunaan jejaring sosial facebook mempengaruhi kepuasan yang diperolehnya, apakah motivasi penggunaan jejaring sosial facebook mempengaruhi kepuasan yang diperolehnya, dan apakah intensitas penggunaan jejaring sosial facebook mempengaruhi kepuasan yang diperolehnya yang juga dipengaruhi oleh motivasi penggunaan jejaring sosial facebook. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yang merupakan metode riset dengan menggunakan kuesioner sebagai instumen pengumpulan datanya. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) yang menyoroti hubungan antar variabel - variabel penelitian dan menguji hipotesa yang telah dirumuskan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan Model Uses and Gratifications yang menganggap khalayak aktif menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya. Sehingga, untuk membuktikannya dilakukan dengan melakukan uji hipotesa dengan menggunakan Korelasi Parsial Rank Kendall. Pengujian korelasi yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS (Statistik Product and Service Solution) versi 10. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan terhadap keempat hipotesa yang ingin dibuktikan tersebut. Hal ini ditandai dengan perbandingan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel dengan taraf signifikansi 95% dan nilai koefisien korelasi yang positif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Ahmad Santoso
    Date Deposited: 25 Jul 2013 20:49
    Last Modified: 25 Jul 2013 20:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9551

    Actions (login required)

    View Item