PENERAPAN SEGMENTASI PADA PERUSAHAAN SEPATU BAKTI SURAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

Nurrahman, Alfian (2010) PENERAPAN SEGMENTASI PADA PERUSAHAAN SEPATU BAKTI SURAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (496Kb)

    Abstract

    Pada saat ini banyak bermunculan perusahaan-perusahaan yang bergerak pada bidang industri antara lain pabrik sepatu. Alasan suatu perusahaan mendirikan usaha yaitu mencari laba dengan cara menciptakan suatu produk baik berupa barang atau jasa yang dapat dipakai konsumen untuk mencukupi kebutuhannya. Hubungan penyedia produk dan pemakai produk tidak bisa dipisahkan, karena mempunyai hubungan yang erat dan keduanya saling membutuhkan. Setiap perusahaan tidak dapat secara langsung manarik semua konsumennya, hal ini disebabkan karena terlalu banyaknya konsumen yang mempunyai kebutuhan berbeda-beda dan keinginan yang selalu berubah-ubah. Adanya kondisi seperti inilah yang menyebabkan banyak perusahaan saling berlomba-lomba untuk dapat menempatkan produk mereka di mata konsumen serta dapat melayani konsumen dalam berbagai segmen (segmentasi). Tujuan yang hendak dicapai oleh perusahaan dalam melayani konsumen dalam segmen-segmen tertentu yaitu agar perusahaan dapat melayani konsumen secara efektif. Perusahaan sepatu Bakti Surakarta merupakan perusahaan perseorangan yang memproduksi sepatu, sandal, maupun barang jadi lainnya. Perusahaan ini berproduksi berdasarkan dari pesanan baik dari perseorangan maupun partai besar. Pembuatan sepatu maupun produk yang lain memakan waktu 10 hari, dari model laki-laki maupun perempuan. Perusahaan Sepatu Bakti berusaha untuk selalu mendapatkan bahan baku yang berkualitas tinggi dan harganya yang murah. Bahan baku yang di gunakan didatangkan dari luar kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Magetan. Untuk bahan baku berupa sol cetak didatangkan dari Jakarta, bahan baku kulit didatangkan dari Magetan, untuk kulit imitasi dari Semarang dan bahan berupa kulit sol didatangkan dari Yogyakarta. Sedangkan untuk bahan pemabantu didapatkan dari kota Surakarta. Untuk mengukur segmentasi, sebuah perusahaan harus dapat menilai karakteristik, kebutuhan, dan keinginan melalui berbagai pengukuran demografi, psikografi, sikap dan kepribadian (Mowen/ Minor : 2002). Segmentasi pasar yang dituju adalah langkah yang tepat yang harus dilakukan perusahaan agar dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan di tengah persaingan yang begitu ketat. Dalam mengevaluasi segmen pasar yang berbeda, perusahaan harus melihat 2 faktor yaitu daya tarik pasar secara keseluruhan serta tujuan dan sumber daya ( resource ) perusahaan. Perusahaan harus melihat apakah suatu segmen potensial memiliki karakterristik yang secara umum menarik seperti pertumbuhan dan profitabilitas yang tinggi bagi perusahaan. Pada saat ini perusahaan sepatu bakti mempunyai strategi segmentasi dalam menyalurkan produknya yang dilihat dalam berbagai aspek yaitu demografis, geografis, psikografis, dan aspek perilaku untuk dapat mengetahui segmen mana saja yang berpotensial bagi perusahaan untuk dapat meningkatkan penjualan. Tetapi saat ini perusahaan sepatu bakti hanya menerapkan atau menggunakan segmentasi demografis seperti usia, gender, pendapatan, pekerjaan dll. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis ingin mengetahui dan mempelajari tentang masalah yang berhubungan tentang segmentasi yang digunakan oleh perusahaan sepatu bakti. Oleh karena itu penulis mengambil judul Tugas Akhir dengan judul “PENERAPAN SEGMENTASI PADA PERUSAHAAN SEPATU BAKTI SURAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN”

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Ahmad Santoso
    Date Deposited: 25 Jul 2013 20:20
    Last Modified: 25 Jul 2013 20:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9537

    Actions (login required)

    View Item