PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK “YAMAHA” DI SURAKARTA

NUR, DRAJAT MUHAMMAD (2010) PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK “YAMAHA” DI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1150Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh motivasi, persepsi dan sikap terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepeda motor merek “Yamaha” di Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian survei pada pengguna sepeda motor merek Yamaha yang berdomisili di Surakarta Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling yaitu sampel yang dipilih dengan cermat sehingga relevan dengan rancangan riset. Sampel kemudian dipilih dengan menggunakan teknik convenience sampling, yaitu pemilihan sampel dengan subyek adalah orang-orang yang secara kebetulan ditemui. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat dalam bentuk angket (kuesioner) yang dibagikan kepada responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi dan studi pustaka Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepeda motor merek “Yamaha” di daerah di Surakarta. Persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepeda motor merek “Yamaha” di Surakarta. Sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepeda motor merek “Yamaha” di Surakarta, sehingga hipotesis terbukti kebenarannya. Hasil nilai F hitung adalah sebesar 39,681 dengan signifikansi adalah 0,000 < 0,05 artinya motivasi, persepsi dan sikap secara bersama-sama atau simultan berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepeda motor merek “Yamaha”. Nilai koefisien determinasi maka diperoleh nilai yang positif dari R2 (adjusted R square), yaitu 0,502 yang artinya bahwa pengaruh yang diberikan variabel independent yang berupa motivasi (X1), persepsi (X2) dan sikap (X3) terhadap variabel terikat yaitu keputusan konsumen dalam pembelian sepeda motor merek “Yamaha” sebesar 0,502 atau 50,2%, berarti 49,8% merupakan variabel lain di luar model penelitian.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 25 Jul 2013 18:37
    Last Modified: 25 Jul 2013 18:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9462

    Actions (login required)

    View Item