KEEFEKTIFAN PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DITINJAU DARI MINAT SISWA (Penelitian pada siswa kelas V SD Negeri Di Gugus Hayam Wuruk Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri)

Semin, (2009) KEEFEKTIFAN PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DITINJAU DARI MINAT SISWA (Penelitian pada siswa kelas V SD Negeri Di Gugus Hayam Wuruk Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri). PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (578Kb)

    Abstract

    Semin. S.810108020 Keefektifan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Ditinjau Dari Minat Siswa (Penelitian pada siswakelas V SD Negeri di Gugus Hayam Wuruk19 Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri). Tesis. Surakarta: Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya Perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual dan konvensional terhadap prestasi belajar IPS siswa, (2) Ada tidaknya Perbedaan pengaruh minat belajar tinggi dengan rendah terhadap prestasi belajar IPS siswa, dan (3) Ada tidaknya Interaksi pengaruh pendekatan pembelajaran dengan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri di Gugus Hayam Wuruk Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri sebanyak tujuh sekolah. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sebanyak 60 siswa, terdiri dari 30 siswa untuk kelompok eksperimen dan 30 siswa untuk kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk variabel minat belajar siswa dan tes untuk mengetahui prestasi belajar IPS. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kontekstual dengan model konvensional terhadap prestasi belajar IPS (F hitung > F tabel atau 12,9 > 4,02), (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang memiliki Minat belajar tinggi dengan siswa yang memiliki Minat belajar rendah terhadap prestasi belajar IPS (F hitung > F tabel atau 16,58 > 4,02), dan 3) Ada interaksi pengaruh yang signifikan antara model (kontekstual dengan model pembelajaran konvensional) dan Minat belajar (siswa yang memiliki Minat belajar tinggi dengan siswa yang memiliki Minat belajar rendah) terhadap prestasi belajar IPS (F hitung > F tabel atau 11,03 > 4,02). Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru mampu memilih pendekatan pembelajarn yang efektif, yang selalu melibatkan siswa secara aktif sehingga materi pelajaran akan mudah diterima oleh siswa. Serta Guru harus mampu mengelola kelas dengan baik, dan pembelajaran yang diberikan mampu menarik perhatian siswa sehingga siswa selalu berminat mempelajari materi yang diberikan

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: neno sulistiyawan
    Date Deposited: 25 Jul 2013 18:33
    Last Modified: 25 Jul 2013 18:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9453

    Actions (login required)

    View Item