UPAYA PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN PADA MASYARAKAT WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI UNIT PELAYANAN PENDAPATAN DAN PEMBERDAYAAN ASET DAERAH (UP3AD) KABUPATEN SUKOHARJO

ERMASARI , NOVITA DIAN (2010) UPAYA PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN PADA MASYARAKAT WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI UNIT PELAYANAN PENDAPATAN DAN PEMBERDAYAAN ASET DAERAH (UP3AD) KABUPATEN SUKOHARJO. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (292Kb)

    Abstract

    Novita Dian Ermasari, E 1105108. 2010. UPAYA PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN PADA MASYARAKAT WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI UNIT PELAYANAN PENDAPATAN DAN PEMBERDAYAAN ASET DAERAH (UP3AD) KABUPATEN SUKOHARJO. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Pelayanan terhadap wajib pajak sangatlah perlu diperhatikan khususnya kinerja pelayanan. Hal ini terkandung maksud guna lebih memberikan kemudahan bagi para wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya. Kondisi pelayanan yang sekarang lebih maju menyebabkan pelayanan di kantor Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Kabupaten Sukoharjo maksimal, pola pelayanannya telah diatur dengan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah nomor 3 tahun 2002 tentang pajak kendaraan bermotor dan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah nomor 4 tahun 2002 tentang Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Peraturan daerah tersebut juga mengatur tentang pelaksanaan pelayanan yang sebaik-baiknya menyangkut kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami kinerja pelayanan pada masyarakat bagi wajib pajak kendaraan bermotor di Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian bersifat empiris dan deskriptif, karena penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan data yang seteliti mungkin tentang manusia, keadaan atau gejala-gejala lainnya. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui kepustakaan dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil kesimpulan, yaitu upaya-upaya peningkatan kinerja dilakukan pada aspek yang belum terpenuhi dengan penjelasan, sebagai berikut: (1) Inisiatif, antara lain: gaji yang cukup, dengan memperoleh gaji yang cukup, pimpinan berusaha bijaksana dengan cara mempertahankan dan menjamin ketenangan bekerja. (2) Kerja sama, community Policing dijadikan dasar pada usaha bersama antara pegawai UP3AD dan masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang ada dalam masyarakat. (3) Disiplin: pembudayaan kedisiplinan, keteladanan, membiasakan kedisiplinan, pemberian Penghargaan,dan pembenahan peraturan atau mekanisme. Kata Kunci : Kinerja, UP3AD, Sukoharjo

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Afif Wandala
    Date Deposited: 25 Jul 2013 18:24
    Last Modified: 25 Jul 2013 18:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9438

    Actions (login required)

    View Item