IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH ( MBS ) DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 2 SURAKARTA TH. 2008/2009

SARIYANTO, (2010) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH ( MBS ) DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 2 SURAKARTA TH. 2008/2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (466Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) di SMK N 2 Surakarta tahun ajaran 2008/2009, (2) Proses penyusunan program sekolah dalam konteks MBS di SMK N 2 Surakarta, (3) Seberapa besar implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri 2 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data. Sedangkan data dianalisis dengan model interaktif yang terbagi dalam pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa : (1) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMK N 2 Surakarta tahun ajaran 2008/2009 mencakup komponen – komponen terhadap sekolah itu sendiri. Terdapat tujuh komponen sekolah yang dikelola dengan baik dalam rangka MBS yaitu (a) pengelolaan kurikulum dan program pengajaran, (b) pengelolaan tenaga kependidikan, (c) pengelolaan kesiswaan, (d) pengelolaan keuangan, (e) pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan, (f) pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat (g) pengelolaan pelayanan khusus lembaga pendidikan. (2) Proses penyusunan program sekolah dalam konteks MBS di SMK N 2 Surakarta mengedepankan adanya komunikasi terbuka dan pengambilan keputusan bersama dalam memutuskan suatu kebijakan sekolah. (3) Implementasi Manjemen Berbasis Sekolah di SMK N 2 Surakarta terbukti memberikan pengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan, hal tersebut dapat dilihat dari input, proses, dan output pendidikan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 25 Jul 2013 18:15
    Last Modified: 25 Jul 2013 18:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9413

    Actions (login required)

    View Item