THE USE OF MIND MAPPING AND PEER-EDITING TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL (A Classroom Action Research Conducted at the Tenth Grade Students of SMA N I Karanganyar in the Academic Year of 2010/2011)

Baroroh, Ma’rufatul (2011) THE USE OF MIND MAPPING AND PEER-EDITING TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL (A Classroom Action Research Conducted at the Tenth Grade Students of SMA N I Karanganyar in the Academic Year of 2010/2011). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1365Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan mind mapping dan peer-editing untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dan untuk mengetahui penerapan mind mapping dan peer-editing dalam proses belajar mengajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2011. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, penerapan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan lapangan, diari, rekaman, foto, interview, kuesioner, dan dokumen. Untuk data kuantitatif, teknik yang digunakan adalah dengan nilai rata-rata ujian menulis siswa yang dilaksanakan sebelum dan sesudah penerapan kedua teknik tersebut. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lima tahapan: (1) mengumpulkan data, (2) memberikan kode, (3) membandingkan data, (4) menginterpretasikan hasil, (5) melaporkan hasil penelitian. Untuk data kuantitatif, teknik analisis yang digunakan adalah dengan membandingkan nilai rata-rata ujian menulis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, mind mapping dan peer- editing meningkatkan kemampuan menulis siswa, khususnya pada aspek isi, organisasi ide, dan bentuk kebahasaan. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata dari post test siklus pertama dan siklus ke dua. Kedua, mind mapping dan peer-editing dilaksanakan pada tahap perencanaan dan pengoreksian sehingga tidak ada yang terlewatkan dalam proses menulis sendiri. Terlebih lagi, selama proses belajar mengajar dengan menggunakan teknik mind mapping dan peer-editing, tingkah laku siswa berubah secara bertahap. Mereka aktif terlibat dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan mind mapping dan peer-editing meningkatkan kemampuan menulis siswa. Oleh karena itu, direkomendasikan bahwa para guru menggunakan mind mapping dan peer-editing sebagai teknik dalam mengajar menulis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PE English
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 25 Jul 2013 18:07
    Last Modified: 25 Jul 2013 18:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9391

    Actions (login required)

    View Item