STRATEGI PEMASARAN EKSPOR DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT.‟‟BATIK DANAR HADI‟‟ DI SURAKARTA

Handayani, Tri (2011) STRATEGI PEMASARAN EKSPOR DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT.‟‟BATIK DANAR HADI‟‟ DI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1205Kb)

    Abstract

    Strategi pemasaran memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup perusahaan. Produk yang berkualitas, harga yang baik, saluran distribusi yang mudah di jangkau dan strategi promosi yang baik adalah sebagaian dari beberapa cara yang dilakukan perusahaan dalam melakukan kegiatan pemasaran. PT. Batik Danar Hadi adalah salah satu perusahaan batik terbesar di kota Surakarta. Bertambahnya perusahaan batik yang berdiri maka persaingan perusahaan sejenis tidak dapat di hindari lagi. Promosi memeliki peranan penting dalam proses pemasaran karena penentuan promosi yang tepat dapat mempengaruhi volume penjualan PT. Batik Danar Hadi. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini yaitu untuk mengetahui Strategi Pemasaran Ekspor Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta serta mengetahui hubungan volume penjualan ekspor – impor selama 3 tahun (2008 – 2010) pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta. Metodelogi yang di gunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan studi pustaka. Data yang diguynakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara langsung dengan bagian promosi PT. Batik Danar Hadi Surakarta, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku – buku literature yang berkaitan dengan bauran promosi yang digunakan perusahaan. Metode pembahasan yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis deskriptif yaitu pemaparan serangkaian data yang di peroleh melalui pengumpulan data, baik data kualitatif yang berupa bauran promosi yang ddi gunakan PT. Batik Danar Hadi Surakarta, Maupun data kuantitatif yang berupa volume penjualan ekspor selama tiga tahun dari tahun 2008 – sampai dengan 2010. Bauran promosi yang digunakan pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta meliputi periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan dan publisitas. Periklana yang di gunakan adalah media elektronik (radio, televise, internet), spanduk, billboard, neoen shupsign brosur dan katolog, kartunama dan x-banner, kalender . Alat –alat yang di gunakan dalam promosi penjualan adalah voucher, potongan harga (diskon), bazar, demo batik, pameran, peragaan busana. Penjualan perseorangan melalui dua bentuk yaitu melayani pembeli secara langsung di tempat penjual dan menawarkan produk dengan mengunjungi konsumen dan menerima pesanaan. Dalam publisitas perusahaan mempunyai tiga strategi melalui seponsorship, rillis berita dan konfrensipers. Dalam penelitian ini dapat di simpulkan bahwa berdasarkan Strategi Pemasaran Ekspor Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta dapat di ketahui empat variable yang di gunakan perusahaan yaitu periklanan (advertising), promosi penjualan, serta publisitas. Berdasarkan data yang diperoleh dari perusahaan variable periklanan (advertising) merupakan variable yang membutuhkan biaya promosi paling tinggi, hal ini dikarenakan variable periklanan merupakan hal yang paling efektif oleh perusahaan untuk mengenalkan produk kepada konsumen.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 25 Jul 2013 18:05
    Last Modified: 25 Jul 2013 18:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9383

    Actions (login required)

    View Item