PENINGKATAN MENGENAL WUJUD BENDA DAN SIFATNYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SD 2 BANJARHARJO KECAMATAN DLINGO, KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2010/2011 ( PTK Pada Siswa Kelas IV SD 2 Banjarharjo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Tahun pelajaran 2010/2011)

HADI, KARUNIA (2011) PENINGKATAN MENGENAL WUJUD BENDA DAN SIFATNYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SD 2 BANJARHARJO KECAMATAN DLINGO, KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2010/2011 ( PTK Pada Siswa Kelas IV SD 2 Banjarharjo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Tahun pelajaran 2010/2011). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2208Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatan pengenalan wujud dan sifat benda pada siswa kelas IV SD Banjarharjo, Dlingo, Bantul dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD 2 Banjarharjo. Sumber data penelitian berasal dari hasil wawancara, hasil belajar IPA, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk data aktivitas siswa dan guru, kajian dokumen untuk data proses pembelajaran dan tes untuk data hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dalam dua siklus dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA pada materi mengenal wujud dan sifat benda ada peningkatan mengenal wujud dan sifat benda dalam pembelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran CTL. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar IPA siswa kelas IV SD 2 Banjarharjo pada keadaan awal hanya 31,25%; dan pada siklus pertama 56,25%; kemudian pada siklus kedua menjadi 81,25%. Dengan demikian direkomendasikan bahwa pembelajaran IPA yang menerapkan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pengenalan wujud dan sifat benda pada siswa kelas IV SD 2 Banjarharjo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2010/2011.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 25 Jul 2013 18:01
    Last Modified: 25 Jul 2013 18:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9375

    Actions (login required)

    View Item