PENGARUH METODE INKUIRI DENGAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA TUNA RUNGU WICARA KELAS VIII SMP DI SLB-B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

YUNIARTI, ROSALIA EMMA DIATERMIRA (2009) PENGARUH METODE INKUIRI DENGAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA TUNA RUNGU WICARA KELAS VIII SMP DI SLB-B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (589Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mata pelajaran IPA setelah penerapan metode inkuiri dengan teknik mind map pada siswa tuna rungu wicara di kelas VIII SMP di SLB-B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP di SLB-B YRTRW Surakarta yang berjumlah 7 orang siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini tidak digunakan karena seluruh anggota populasi dijadikan subyek penelitian (penelitian populasi). Karena penelitian ini termasuk penelitian populasi, maka tidak ada pengambilan sampling. Try out dilakukan terhadap 4 orang siswa diluar populasi dengan hasil 24 item soal dinyatakan valid dan semua soal yang valid adalah reliable. Jumlah item soal yang tidak valid adalah 6 item soal dari 30 soal item. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes tertulis (pilihan ganda, isian dan uraian mind mapping) dan teknik dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistic non parametric. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis Uji Sign Rank Test Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan : a) terdapat peningkatan prestasi belajar IPA antara sebelum dan setelah perlakuan/treatment bagi siswa tuna rungu wicara kelas VIII SMP di SLB-B YRTRW Surakarta. Ini dibuktikan dengan nilai rata–rata posttest prestasi belajar IPA diperoleh skor 26,57, sedangkan nilai rata–rata ketika pretest 17,71. b) dari hasil data yang dikerjakan dengan bantuan SPSS diperoleh nilai Z = -2,375 dan P = 0,018 berada di bawah nilai α = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Ada pengaruh penggunaan metode inkuiri dengan teknik mind map terhadap peningkatan prestasi belajar IPA pada siswa tuna rungu wicara kelas VIII SMP di SLB-B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010”, terbukti kebenarannya. Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri dengan teknik mind map berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar IPA anak tuna rungu wicara.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 25 Jul 2013 17:55
    Last Modified: 25 Jul 2013 17:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9363

    Actions (login required)

    View Item