PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MOTOR ABILITY TERHADAP KEMAMPUAN TOLAK PELURU GAYA ORTODOX (Penelitian Eksperimen Perbedaan Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Direct dan Indirect pada Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri 2 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011)

PRADESA, MARLIANI (2011) PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MOTOR ABILITY TERHADAP KEMAMPUAN TOLAK PELURU GAYA ORTODOX (Penelitian Eksperimen Perbedaan Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Direct dan Indirect pada Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri 2 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (0b)

    Abstract

    Marliani Pradesa. PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MOTOR ABILITY TERHADAP KEMAMPUAN TOLAK PELURU GAYA ORTODOX (Penelitian Eksperimen Perbedaan Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Direct dan Indirect pada Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri 2 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2011. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran direct dan indirect terhadap kemampuan tolak peluru gaya ortodox pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. (2) Perbedaan kemampuan tolak peluru gaya ortodox antara siswa yang memiliki motor ability tinggi dan motor ability rendah pada pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. (3) Ada tidaknya interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motor ability terhadap kemampuan tolak peluru gaya ortodox pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 105 siswa yang terbagi dalam lima kelas. Teknik pengambilan sampel penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang akan digunakan sebanyak 40 siswa dengan ciri motor ability tinggi dan motor ability rendah. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Untuk mengukur motor ability dengan Barrow Motor Ability Test. Untuk mengukur kemampuan tolak peluru gaya ortodox dengan tes tolak peluru gaya ortodox. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians 2 X 2 dilanjutkan dengan Newman-Keuls. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagi berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran direct dan indirect terhadap kemampuan tolak peluru gaya ortodox pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Dari hasil analisis data menunjukkan Fo = 5.1185 > Ft 4.11. (2) Ada perbedaan kemampuan tolak peluru gaya ortodox antara siswa yang memiliki kemampuan motor ability tinggi dan motor ability rendah pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Dari hasil analisis data menunjukkan Fo = 4.4385 > Ft 4.11. (3) Ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motor ability terhadap kemampuan tolak peluru gaya ortodox pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa Fhitung = 6.2850 > Ftabel = 4,11

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 25 Jul 2013 17:48
    Last Modified: 25 Jul 2013 17:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9344

    Actions (login required)

    View Item