PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO CAMPACT DISK (VCD) DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA ( STUDI KASUSDI AKPER RUSTIDA BANYUWANGI )

Yuliastutik, Anis (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO CAMPACT DISK (VCD) DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA ( STUDI KASUSDI AKPER RUSTIDA BANYUWANGI ). Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img] PDF - Published Version
Download (590Kb)

    Abstract

    Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2009. Pada proses belajar – mengajar dosen mempunyai tugas untuk memilih model pembelajaran berikut media yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pembelajaran serta adanya keterkaitan yang erat antara Dosen, mahasiswa, kurikulum,sarana dan prasarana. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah kebutuhan dasar manusia II dengan penerapan model pembelajaran problem based learning melalui media Video Campact Disk (VCD) . Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan sabyek penelitian mahasiswa semester II Akademi Keperawatan Rustida Banyuwangi tahun akademi 2008/ 2009 berjumlah 48 orang. Siklus aktifitas pembelajaran meliputi penetapan focus masalah, perencanaan, tindakan, observasi atau evaluasi, refleksi dan tindak lanjut. Pengumpulan data aktifitas pembelajaran dan tes kemampuan berpikir kritis mahasiswa menggunakan observasi dan motivasi belajar dengan menggunakan lembar angket Hasil penelitian menunjukkan 1) Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan media Video Campact Disk (VCD) dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah kebutuhan dasar manusia II dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dari rata – rata 65 dengan ketuntasan klasikal 55 % menjadi rata – rata motivasi belajar mahasiswa ≥ 80 dengan ketuntasan klasikal 90 % dan 2) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dari rerata 8 dengan ketuntasan klasikal 56 % pada siklus I menjadi rerata kemampuan berpikir kritis mahasiswa 18 klasikal sebesar 82 % pada siklus II Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning dengan media Video Campact Disk (VCD) dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, sehingga model pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif pilihan pada strategi pembelajaran materi kebutuhan dasar manusia Kata kunci : pembelajaran problem based learning, media Video Campact Disk (VCD), kemampuan berpikir kritis.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Lutvi Satriyo Putro
    Date Deposited: 25 Jul 2013 17:48
    Last Modified: 25 Jul 2013 17:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9339

    Actions (login required)

    View Item