UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI MEDIA ANIMASI KANTONG HITUNG SISWA KELAS 1 SEMESTER II SLB-B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/ 2011

Mustikasari, Ma’rufi (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI MEDIA ANIMASI KANTONG HITUNG SISWA KELAS 1 SEMESTER II SLB-B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1868Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan melalui media animasi kantong hitung pada siswa kelas 1 Semester II SLB-B YRTRW Surakarta. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas merupakan pencermatan terhadap kegiatan belajar yang berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan yang terjadi dalam sebuah kelas bersama. Penelitian ini berupa kolaborasi atau kerjasama antar peneliti, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, test, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data, penulis menggunakan validitas isi atau content validity. Penulis menyesuaikan item-item dalam instrumen dengan kebutuhan penelitian dan keadaan sekolah yang diteliti. Item tersebut disesuaikan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar pada sekolah tersebut. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Data kuantitatif berupa hasil test dianalisis dengan menggunakan deskriptif komparatif yaitu dengan mencari nilai rerata dan presentase ketuntasan belajar. Kemudian membandingkan nilai test antara siklus dengan indikator ketercapaian. Sedangkan data kualitatif yang berasal dari hasil obervasi, wawancara dan dokumen dianalisis dengan menggunakan analisis kritis. Peningkatan prestasi dan keaktifan peserta didik dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil pretest, test siklus I, dan test siklus II serta pengamatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran matematika yang dilakukan oleh peneliti yang dapat digambarkan bahwa prosentasi keberhasilan adalah 9/9 X 100% = 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Media Animasi Kantong Hitung dapat Meningkatkan Pretasi Belajar Matematika pada Materi Pejumlahan dan Pengurangan Siswa Kelas 1 Semester II SLB-B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2010/ 2011.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 25 Jul 2013 17:45
    Last Modified: 25 Jul 2013 17:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9333

    Actions (login required)

    View Item