IDENTIFIKASI DAN PENYUSUNAN FAKTOR KEPUASAN PELAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA BERDASARKAN PERSEPSI PENGUNJUNG

PUSPITASARI , HANGGANIS SEPTIASTUTI (2010) IDENTIFIKASI DAN PENYUSUNAN FAKTOR KEPUASAN PELAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA BERDASARKAN PERSEPSI PENGUNJUNG. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (556Kb)

    Abstract

    Hangganis Septiastuti Puspitasari, NIM: I 0305033. IDENTIFIKASI DAN PENYUSUNAN FAKTOR KEPUASAN PELAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA BERDASARKAN PERSEPSI PENGUNJUNG. Skripsi. Surakarta : Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, April 2010. Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Pusat Universitas Sebelas Maret mempunyai peranan yang penting yaitu sebagai penunjang kegiatan perkuliahan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Sebagai penyedia jasa layanan pustaka dan informasi, kepuasan terhadap pelayanan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi dan menyusun faktor yang mempengaruhi dalam pelayanan di UPT Perpustakaan Pusat Universitas Sebelas Maret Surakarta berdasarkan persepsi pengunjung. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan. Tahap pertama yaitu mengidentifikasi atribut kepuasan pelayanan khususnya pada pelayanan di perpustakaan. Tahap ini dilakukan dengan studi pustaka dan diskusi dengan pakar perpustakaan. Tujuan dari tahap ini adalah mendapatkan atribut kepuasan dasar untuk tahap selanjutnya. Tahap kedua yaitu tahap konfirmasi awal. Pada tahap ini dilakukan melalui kuesioner awal. Tujuan dari tahap kedua ini adalah untuk mendapatkan atribut tambahan menurut persepsi pengunjung. Tahap ketiga yaitu tahap konfirmasi kedua. Tujuan dari tahap ini adalah mendapatkan persetujuan mengenai atribut kepuasan yang penting menurut persepsi pengunjung. Tahap konfirmasi kedua dilakukan melalui kuesioner dan analisis asosiasi menggunakan uji Cochran. Tahap keempat yaitu penyusunan ke dalam faktor. Faktor yang digunakan mengadaptasi dari dimensi model Library Quality (LibQual). Pada tahap ini dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD). Dari tahap identifikasi diperoleh 25 atribut yang menurut responden merupakan penting dan keduapuluh lima atribut tersebut terkelompok ke dalam empat faktor. Sepuluh atribut masuk ke dalam faktor service affect, tujuh atribut masuk ke dalam faktor library as place, tiga atribut masuk ke dalam faktor personal control, dan lima atribut masuk ke dalam faktor information access. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelayanan perpustakaan ini dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam penyusunan alat ukur kepuasan. Kata kunci : persepsi pengunjung,faktor kepuasan, pelayanan perpustakaan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    T Technology > TX Home economics
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Afif Wandala
    Date Deposited: 25 Jul 2013 17:42
    Last Modified: 25 Jul 2013 17:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9322

    Actions (login required)

    View Item