UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI SMA NEGERI 1 NGUTER TAHUN PELAJARAN 2009/2010

D, ENDAH ANGGRAINI K (2009) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI SMA NEGERI 1 NGUTER TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (323Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nguter. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Nguter yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) observasi, (b) tes, dan (c) wawancara. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) pengamatan tindakan, dan (d) refleksi terhadap tindakan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada siklus I tingkat keaktifan dan nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil penelitian siklus I telah mencapai indikator kinerja. Tingkat keaktifan siswa pada siklus I pada aspek Kegiatan Visual 91,6%, Kegiatan Lisan 86,11%, Kegiatan Mendengarkan 94,45% dan Kegiatan Menulis 83,33%. Hal ini berarti semua aspek keaktifan siswa telah mencapai indikator kinerja ketercapaian tindakan. Hasil belajar siswa juga telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 60,00. Nilai rata-rata kelas setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT meningkat menjadi 74,11 (nilai rata-rata sebelum siklus 56,44) dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas 60 sebesar 94,44%. Pada siklus II diperoleh hasil tingkat keaktifan siswa yang mencapai indikator kinerja ketercapaian tindakan pada aspek Kegiatan Visual, Kegiatan Lisan, Kegiatan Mendengarkan dan Kegiatan Menulis seluruhnya sebesar 100%. Nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 78,28. Jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas 60 meningkat menjadi sebesar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Miftahful Purnanda Puspasari
    Date Deposited: 25 Jul 2013 17:40
    Last Modified: 25 Jul 2013 17:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9315

    Actions (login required)

    View Item