PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KECEPATAN LARI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JANGKIT (Study Eksperimen Pengaruh Metode Pembelajaran Kompetisi dan Drill pada Peserta Didik Putra SMA Negeri 1 Dagangan Kabupaten Madiun Propinsi Jawa Timur )

BUDIARTO, PRAMUJO (2011) PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KECEPATAN LARI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JANGKIT (Study Eksperimen Pengaruh Metode Pembelajaran Kompetisi dan Drill pada Peserta Didik Putra SMA Negeri 1 Dagangan Kabupaten Madiun Propinsi Jawa Timur ). Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (2028Kb)

    Abstract

    Pramujo Budiarto, NIM : A.120809118 , Perbedaan Pengaruh Pendekatan Metode Pembelajaran dan Kecepatan Lari Terhadap Hasil Belajar Lompat Jangkit, pada peserta didik putra SMA Negeri 1 Dagangan, Kabupaten Madiun Propinsi Jawa Timur. Komisi Pembimbing I : Prof.Dr.H.M. Furqon H.,M.Pd. Komisi Pembimbing II : Prof.Dr. Siswandari, M.Stats. Tesis Ilmu Keolahragaan Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2011 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya : (1) Perbedaan pengaruh antara pendekatan metode pembelajaran dan kecepatan lari terhadap prestasi belajar lompat jangkit, (2) Perbedaan pengaruh antara kecepatan lari tinggi dan kecepatan lari rendah terhadap hasil belajar lompat jangkit. (3) Pengaruh interaksi antara pendekatan metode pembelajaran dan kecepatan lari terhadap hasil belajar lompat jangkit. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2, terdiri dari tiga variabel yakni variabel bebas manipulatif ( metode pembelajaran ), variabel bebas atributif ( kecepatan lari ) dan variabel terikat hasil belajar lompat jangkit. Besarnya sampel yang digunakan sebanyak 40 peserta didik yang diperoleh menggunakan purposive random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varian dua jalur. Untuk data uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dengan taraf signifikansi (α) 0,05 dan uji homogenitas variansi dengan menggunakan uji Bartlett dengan taraf signifikansi (α 0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode pembelajaran kompetisi memiliki peningkatan yang berbeda dengan metode pembelajaran latihan. Hal ini dibuktikan dari nilai Fhitung = 5,436 > Ftabel = 4.11. Metode pembelajaran latihan memiliki peningkatan yang lebih baik dari pada metode pembelajaran kompetisi. (2) Ada perbedaan pengaruh yang nyata antara kelompok peserta didik dengan kecepatan lari tinggi dan kecepatan lari rendah terhadap peningkatan hasil belajar lompat jangkit. Pada kelompok peserta didik dengan kecepatan lari tinggi mempunyai peningkatan hasil belajar lompat jangkit lebih baik dibanding kelompok peserta didik dengan kecepatan lari rendah. Pada kelompok peserta didik kecepatan lari tinggi memiliki potensi yang lebih tinggi dari pada peserta didik yang memiliki kecepatan lari rendah. (3) Interaksi antara metode pembelajaran dan kecepatan lari sangat bermakna. Karena Fhitung = 10.623 > Ftabel = 4.11. Kata kunci : Metode kompetisi, metode latihan, kecepatan lari dan lompat jangkit.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 25 Jul 2013 17:32
    Last Modified: 25 Jul 2013 17:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9302

    Actions (login required)

    View Item