UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KONSEP IPA :GAYA MAGNET MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA BAGI SISWA KELAS V SD SUNGGINGAN 2 KECAMATAN MIRI PADA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ULUPI, ENDANG (2009) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KONSEP IPA :GAYA MAGNET MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA BAGI SISWA KELAS V SD SUNGGINGAN 2 KECAMATAN MIRI PADA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF - Published Version
Download (191Kb)

    Abstract

    Kata Kunci : Pemanfaatan alat peraga, gaya magnet. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan prestasi belajar siswa pada Kompetensi Dasar Memahami hubungan antara gaya, gerak dan energi serta fungsinya (2) Mengkaji hambatan kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan metode pada pembelajaran IPA dengan meteri gaya magnet (3) mencari solusi yang tepat untuk mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran IPA (4) mengetahui bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN Sunggingan 2. Variabel yang menjadi sasaran pembelajaran dalam pembelajaran ini adalah prestasi belajar IPA siswa SD Negeri Sunggingan 2 Miri, sedangkan variabel (x) pemanfaatan alat peraga. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaa, pelaksanan tidakan, observasi dan refleksi, sebagai populasi (subjek yang diberi tindakan) siswa kelas V SD Negeri Sunggingan 2 Miri yang berjumlah 20 siswa terdiri dari L = 10, P = 10 siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Lutvi Satriyo Putro
    Date Deposited: 25 Jul 2013 17:26
    Last Modified: 25 Jul 2013 17:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9289

    Actions (login required)

    View Item