HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN SUASANA KERJA DENGAN KINERJA GURU SMP NEGERI SATU ATAP KERUGMUNGGANG KECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG

HARYONO, (2009) HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN SUASANA KERJA DENGAN KINERJA GURU SMP NEGERI SATU ATAP KERUGMUNGGANG KECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (375Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian: (1) Untuk mengetahui apakah ada hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri Satu Atap Kerugmunggang Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang; (2) Untuk mengetahui apakah ada hubungan suasana kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Satu Atap Kerugmunggang Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang; (3) Untuk mengetahui apakah ada hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan suasana kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Satu Atap Kerugmunggang Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Penelitian dilakukan di SMP Negeri Satu Atap Kerugmunggang Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMP Negeri Satu Atap Kerugmunggang Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang sebanyak 54 guru. Dari populasi tersebut keseluruhannya dijadikan sampel dalam penelitian.Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, dengan uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Hasil Penelitian: (1) terdapat hubungan positif variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan variabel kinerja guru yang ditunjukkan dengan besarnya nilai t sebesar 6,253 > 1,676 (t hitung > t tabel) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (<0,005). Sumbangan efektif variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah sebesar 25,76% dapat diinterpretasikan bahwa 25,76% variasi yang ada pada variabel kinerja guru dapat diprediksikan oleh variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah; (2) terdapat hubungan positif variabel suasana kerja dengan kinerja guru yang dibuktikan dengan besarnya nilai t sebesar 6,615 > 1,676 (t hitung > t tabel) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (<0,005). Sumbangan efektif variabel suasana kerja sebesar 31,11% dapat diinterpretasikan bahwa 31,11% variasi yang ada pada variabel kinerja guru dapat diprediksikan oleh variabel suasana kerja; dan (3) terdapat hubungan positif gaya kepemimpinan kepala sekolah dan suasana kerja secara bersama dengan kinerja guru, yang dibuktikan dengan besarnya nilai F sebesar 33,690 dengan nilai sig sebesar 0,000 (<0,005). Kata Kunci: Gaya kepemimpinan kepala sekolah, suasana kerja, kinerja guru

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 25 Jul 2013 17:23
    Last Modified: 25 Jul 2013 17:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9286

    Actions (login required)

    View Item