PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS 4 SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Penelitian Tindakan Kelas)

NURMALASARI, EVI DWI (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS 4 SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Penelitian Tindakan Kelas). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1273Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) menggunakan Macromedia Flash dapat meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi siswa kelas XI IS 4 SMA Batik 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru dan melibatkan partisipasi siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IS 4 SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 38 siswa. Obyek penelitian ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya proses pembelajaran. Sumber data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini antara lain: informan, tempat atau lokasi, peristiwa, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1) pengenalan masalah, (2) persiapan, (3) penyusunan rencana tindakan, (4) implementasi tindakan, (5) observasi dan interpretasi, (6) refleksi dan (7) penyusunan laporan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi dan (4) analisis dan refleksi. Siklus pertama dilakukan dalam tiga kali pertemuan selama 4 x 45 menit, dan siklus kedua dilaksanakan dalam dua kali pertemuan selama 3 x 45 menit. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode TGT menggunakan macromedia flash dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran tersebut dapat dilihat dari proses dan hasil belajar. Ditinjau dari proses pembelajaran indikatornya adalah: (1) Motivasi belajar siswa meningkat dari 72,25% pada siklus I menjadi 87,63% pada siklus II, (2) Partisipasi siswa dalam pembelajaran meningkat dari 66,45% pada siklus I menjadi 83,15% pada siklus II. Sedangkan ditinjau dari hasil pembelajaran indikatornya adalah hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pencapaian hasil belajar siswa yang sudah mencapai KKM pada siklus I sebanyak 21 anak dengan nilai rata-rata kelas 73,07. Pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 32 anak dengan nilai rata-rata kelas 84,60. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru melakukan beberapa upaya, antara lain: (1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT, (2) Guru menyusun Rencana Pembelajaran terlebih dahulu sebelum mengajar sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung terarah dan terprogram, (3) Guru melakukan evaluasi setelah pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar berikutnya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 25 Jul 2013 17:13
    Last Modified: 25 Jul 2013 17:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9263

    Actions (login required)

    View Item