POTENSI DAN PENGEMBANGAN PAKET WISATA KARIMUNJAWA

Arifin, Ahmad Zainal (2008) POTENSI DAN PENGEMBANGAN PAKET WISATA KARIMUNJAWA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (4Mb)

    Abstract

    Ahmad Zainal Arifin, 2008. Potensi Dan Pengembangan Paket Wisata Karimunjawa. Program Pendidikan Diploma III Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Sastra Dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Permasalahan yang dibahas adalah potensi wisata Karimunjawa dan metode pengembangan alternatif paket wisatanya. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengembangkan jenis paket wisata Karimunjawa dengan variasi harga yang realistis untuk umum sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Karimunjawa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan cara melakukan observasi secara langsung di Obyek wisata Karimunjawa dan melakukan wawancara dengan beberapa informan yang dapat memberikan data dan fakta yang akurat serta menggunakan studi pustaka dan dokumen untuk mendapatkan data-data pendukung yang mempunyai keterkaitan dengan topik Tugas Akhir ini. Setelah data yang diperoleh terkumpul, baru kemudian dilakukan analisa data dengan menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Taman nasional laut Karimunjawa merupakan salah satu kawasan wisata unggulan di tingkat Regional maupun Internasional. Kawasan wisata ini memiliki keindahan alam bawah laut yang alami dan sangat menakjubkan dengan aneka jenis terumbu karang, biota laut, ikan dan hamparan pasir putih di setiap pulau dari 27 pulau yang ada. Wisatawan dapat menikmati keindahan Kepulauan Karimunjawa ini dengan memilih salah satu dari rencana kunjungan wisata yang ditawarkan.. Jenis paket wisata Karimunjawa yang ditawarkan tersebut antara lain: paket wisata Dewandaru Tour, paket wisata Baracuda Tour, paket wisata Kura-Kura Resort Tour, paket wisata Kalimasada Tour, paket wisata Menjangan Besar Tour, paket wisata Outbound Activity Tour dan paket wisata Ujung Gelam Beach Tour. Konsep yang digunakan dalam memasarkan paket wisata ini yaitu dengan menggunakan pendekatan 4 P ( Product, Price, Place and Promotion ). Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian potensi dan pengembangan paket wisata di karimunjawa adalah bahwa perlu ada penyusunan alternatif paket wisata ke Karimunjawa dengan harga yang bervariasi sesuai dengan kemampuan calon pembeli. Dalam meningkatkan promosi wisatanya perlu menggunakan media yang lebih representatif dan juga dapat ditempuh dengan meningkatkan kerjasama dengan Biro Perjalanan Wisata di luar daerah, sehingga paket wisata yang di tawarkan dapat dikenal oleh wisatawan dari berbagai daerah dan negara.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Afif Wandala
    Date Deposited: 25 Jul 2013 17:11
    Last Modified: 25 Jul 2013 17:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9262

    Actions (login required)

    View Item