Pembelajaran fisika dengan pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan demontrasi ditinjau dari kreativitas dan motivasi berprestasi

Nurdeli, (2010) Pembelajaran fisika dengan pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan demontrasi ditinjau dari kreativitas dan motivasi berprestasi. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (758Kb)

    Abstract

    Nurdeli. S.830908131.” Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Menggunakan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kreativitas Dan Motivasi Berprestasi (Studi Kasus Pada Materi Fluida Kelas XI Semester 2 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun 2008/2009)”. Tesis. Surakarta: Program Studi Pendidikan Sains Pasca-Sarjana Universitas Sebelas Maret. Januari 2010. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan metode eksperimen dan demonstrasi, (2)perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah. (3)perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah. (4)interaksi antara metode dan kreatifitas terhadap prestasi belajar. (5)interaksi antara metode dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar. (6)interaksi antara kreativitas dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar. (7)interaksi antara metode, kreativitas, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini mengguanakan metode eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009 sejumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen 1 menggunakan metode eksperimen dan kelas eksperimen 2 menggunakan metode demonstrasi. Masing-masing kelas terdiri dari 40 siswa. Teknik pengumpulan data untuk prestasi belajar menggunakan metode tes, kreatifitas dan motivasi berprestasi menggunakan angket. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava tiga jalan sel tak sama dengan bantuan software minitab 15. Uji lanjut anava menggunakan uji Scheffe dengan bantuan software minitab 15. Berdasarkan hasil pengolahan data disimpulkan (1) prestasi belajar lebih baik bila siswa yang diajar dengan metode eksperimen daripada metode demonstrasi (pvalue = 0,013), (2) prestasi belajar yang lebih baik siswa yang memiliki kreatifitas tinggi daripada siswa yang memiliki kedan rendah (pvalue = 0,000), (3) prestasi belajar yang lebih baik siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah (pvalue = 0,035), (4)tidak ada interaksi antara metode dan kreatifitas siswa terhadap prestasi belajar, (5)tidak ada interaksi antara metode dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar (pvalue = 0,353), (6) tidak ada interaksi antara kreativitas dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar (pvalue = 0,814), (7)tidak ada interaksi antara metode, kreativitas, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa (pvalue = 0,304). Hasil penelitian ini bahwa pembelajaran menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, kedua metode tersebut dapat meningkatkan prestasi siswa maka pembelajaran tersebut disarankan digunakan dalam mengajar fisika, kreativitas siswa dan motivasi berprestasi perhatikan dalam proses pembelajaran selama kedua variabel dapat berpengaruh terhadap prestasi siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Fisika
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 25 Jul 2013 17:10
    Last Modified: 25 Jul 2013 17:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9258

    Actions (login required)

    View Item