PENERAPAN PENDEKATAN PARTISIPATORIS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR IPS KELAS V SEMESTER I SDN TOYOGO 2 TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SUTITAHRUM, (2009) PENERAPAN PENDEKATAN PARTISIPATORIS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR IPS KELAS V SEMESTER I SDN TOYOGO 2 TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1163Kb)

    Abstract

    Sutitahrum 2009: Penelitian Tindakan Kelas “Penerapan Pendekatan Partisipatoris dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar IPS V SDN Toyogo 2 Sambungmacan – Sragen. Tahun pelajaran 2009/2010”. Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan penerapan pendekatan partisipatoris dapat menciptakan pembelajaran dengan keaktifan siswa dalam menerima dan mengerjakan tugas dari guru , sehingga diharapkan hasil belajar dapat meningkat. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Toyogo 2 tahun pelajaran 2009/2010, dari bulan Juli sampai dengan Desember 2009. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus dengan satu pokok bahasan. Penelitian didahului dengan observasi awal, diskusi awal, diskusi perencanaan tindakan dan ditindaklanjuti dengan implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Hasil pelaksanaan dievaluasi dalam refleksi untuk menyusun rencana perbaikan yang diikuti pelaksanaan, observasi dan refleksi tahap berikutnya, sampai dua siklus. Hal ini didukung dengan hasil prestasi pada siklus I sebesar 71 % tuntas belajar dengan rata-rata 68 % dan siklus II prestasi tuntas belajar 100 % dengan rata-rata nilai 76 % dari KKM 63. Langkah-langkah yang diambil adalah menyusun rencana, mengadakan tindakan, melakukan observasi, serta mengerjakan refleksi. Teknik sampling penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Toyogo 2 Kec. Sambungmacan Kab. Sragen, tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi langsung dan hasil nilai tes. Hasil penelitian setelah diadakan tes berulang-ulang menunjukkan adanya peningkatan, dengan menggunakan penerapan pendekatan partisipatoris memang secara umum memerlukan waktu agak lama. Guru dan siswa aktif menyiapkan pembelajaran, guru dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, porsi latihan soal relatif lebih banyak sementara waktu mencatat berkurang, kebiasan belajar untuk meningkatkan hasil belajar meningkat, dan dapat menimbulkan rasa senang, percaya diri, dan sikap mandiri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 25 Jul 2013 17:07
    Last Modified: 25 Jul 2013 17:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9252

    Actions (login required)

    View Item