UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME SISWA KELAS IV SDN NGLOROG 4 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

NGATIRAH, (2009) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME SISWA KELAS IV SDN NGLOROG 4 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (221Kb)

    Abstract

    Ngatirah. 2009. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Energi pada Mata Pelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Konstruktivisme Siswa Kelas IV SDN Nglorog 4 Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010 Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa pembelajaran IPA khususnya energi mengalami berbagai hambatan. Hambatan tersebut berasal dari siswa maupun guru. Siswa kurang berminat terhadap pembelajaran IPS. Siswa merasa takut terhadap pelajaran IPA karena materi IPA lebih luas. Hambatan yang lain berasal dari guru. Guru kurang dapat menumbuhkan motivasi siswa untuk lebih menyenangi mata pelajaran IPA. Guru kesulitan menanamkan pemahaman konsep IPA dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme yang dengan materi pembelajaran. Guru kesulitan mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Guru kesulitan melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan siswa. Guru disibukkan dengan administrasi sekolah yang terlalu banyak. Guru kurang mampu menggunakan alat peraga sehingga siswa kesulitan menerima penjelasan. Selain itu guru melaksanakan penilaian hanya pada tahapan Pengetahuan dan Pemahaman Konsep. Untuk meningkatkan kompetensi siswa tentang energi dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme kemampuan siswa dalam pemahaman konsep energi diharapkan dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan memberikan sumbangan informasi dan pemikiran tentang bagaimana ”Energi” digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa pada konsep energi. Dengan demikian untuk memperoleh hasil belajar yang lebih berkualitas, maka perlu menggunakan alatperaga yang lengkap dan jelas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 25 Jul 2013 16:58
    Last Modified: 25 Jul 2013 16:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9227

    Actions (login required)

    View Item