APLIKASI PAKEM ( PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) MODEL TOYS AND TRICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS VII B SMP NEGERI I AMBARAWA

Isnaeni, Pratiyan (2009) APLIKASI PAKEM ( PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) MODEL TOYS AND TRICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS VII B SMP NEGERI I AMBARAWA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (186Kb)

    Abstract

    Pemahaman siswa merupakan hal yang sangat penting bagi tenaga pengajar di dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat menciptakan situasi dan kondisi yang tepat di dalam proses belajar mengajar serta memberi pengaruh yang optimal bagi siswa untuk mencapai hasil belajar yang baik. Pencapaian hasil belajar yang baik dapat dilakukan dengan cara peningkatan pemahaman siswa terhdap materi pelajaran. Berpijak pada data empirik di SMP Negeri 1 Ambarawa menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam konsep pokok bahasan ekosistem pada mata pelajaran Biologi belum memuaskan dalam artian hasil belajar rata-rata yang diperoleh masih berkisar pada nilai batas tuntas yaitu 60. Hal ini disebabkan konsep tersebut sulit untuk dipahami. Akibat yang dirasakan adalah hasil belajar yang diperoleh siswa tidak optimal. Nilai batas tuntas hanyalah batasan minimal yang berarti pencapaian terendah dengan kata lain pengusaan atau pemahaman masih rendah pula. Pembelajaran baru dapat dikatakan berhasil jika mampu melampaui batasan terendah secara signifikan. Upaya untuk mencapai target hasil belajar yang optimal itu dapat diupayakan melalui inovasi pembelajaran yang mampu memberikan penguatan konsep yang maksimal kepada siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 25 Jul 2013 16:51
    Last Modified: 25 Jul 2013 16:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9214

    Actions (login required)

    View Item