KONSEP PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PERPUSTAKAAN DI YOGYAKARTA DENGAN PENERAPAN ARSITEKTUR MODERN

PUSPITASARI, ERINDHA (2010) KONSEP PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PERPUSTAKAAN DI YOGYAKARTA DENGAN PENERAPAN ARSITEKTUR MODERN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Kota Yogyakarta merupakan kota dengan institusi pendidikan yang cukup tinggi, diantaranya adalah 175 perguruan tinggi yang meliputi universitas dan akademi, 133 SMA, 148 SMP, 227 SD.5 Dengan banyaknya jumlah institusi pendidikan maka kota Yogyakarta merupakan wilayah nomor satu di Indonesia di bidang pendidikan.6 Jumlah pelajar di kota Yogyakarta otomatis menjadi jumlah terbesar dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia. Oleh karena itu, kota Yogyakarta mendapat julukan sebagai Kota Pelajar. Baik pemerintah Indonesia maupun pemerintah daerah Kota Yogyakarta terus menerus melakukan usaha dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Namun, himbauan pemerintah tersebut tidak akan berhasil maksimal apabila tidak didukung dengan adanya sarana dan fasilitas belajar seperti perpustakaan yang dapat menarik minat serta menjawab kebutuhan masyarakat. Meskipun ada perpustakaanperpustakaan daerah yang dibangun oleh pemerintah, namun kehadiran sebuah perpustakaan yang baru yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas belajar yang menarik serta penggunaan kecanggihan teknologi masih sangat diperlukan. Hal tersebut mengingat tuntutan masyarakat masa kini yang ingin “serba praktis” dan keinginan untuk mengikuti perkembangan teknologi. Oleh karena itu, diharapkan adanya sebuah perpustakaan yang mampu meningkatkan minat masyarakat untuk datang dan membaca dalam mendukung program pemerintah guna meningkatkan sumber daya masyarakat dalam menghadapi tantangan di era globalisasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
    Depositing User: Miftahful Purnanda Puspasari
    Date Deposited: 25 Jul 2013 16:50
    Last Modified: 25 Jul 2013 16:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9203

    Actions (login required)

    View Item