“KEKUATAN PES ONA WANITA DALAM IKLAN”

Puspita Sari, Dian (2009) “KEKUATAN PES ONA WANITA DALAM IKLAN”. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1056Kb)

    Abstract

    Hampir semua tampilan iklan di media massa memakai wanita sebagai obyek iklannya. Wanita identik dengan kecantikan dan keindahan dimana hal tersebut sangat efektif dalam upaya merebut perhatian khalayak sasaran. Wanita memiliki bagian-bagian tubuh yang mempesona, dimana keseluruhan bagian tubuh tersebut sering dijadikan sebagai obyek iklan. Salah satu bagian tubuh wanita yang sering dijadikan obyek iklan adalah rambut. Rambut bagi wanita memiliki peran penting dalam penampilan, karena bagaimanapun juga rambut adalah mahkota wanita. Rambut dapat mengubah penampilan wanita dalam seketika, yang melahirkan rasa bahagia, percaya diri, dan yakin dalam menjalani hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna pesan yang ada di dalam iklan shampoo Sunsilk Hair Fall Solution versi Shanty dan shampoo Dove Anti Dandruff dan bagaimana citra wanita direpresentasikan dalam kedua iklan cetak tersebut. Penelitian ini lebih difokuskan pada iklan produk keluaran PT Unilever yaitu produk shampoo Sunsilk Hair Fall Solution dan shampoo Dove Anti-Dandruff. Dalam konteks semiotika, arti tanda-tanda yang terdapat dalam sebuah tampilan kedua iklan cetak tersebut akan dikaji lebih dalam lagi sehingga didapat pemaknaan yang menyeluruh akan sebuah tampilan iklan. Kajian mengenai semiotika ini akan dikaji melalui pendekatan teori semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes. Dalam penelitian ini, proses pemaknaan terhadap tandatanda yang terdapat dalam sebuah tampilan iklan di media cetak akan dilakukan dengan cara memberi perhatian pada makna denotatif dan konotatif. Dari analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan Makna dari iklan cetak shampoo Sunsilk Hair Fall Solution versi Shanty adalah: shampoo Sunsilk Hair Fall Solution merupakan produk shampoo yang mengerti wanita, khususnya untuk kebutuhan rambutnya dan berusaha memahami setiap wanita yang ingin merasakan kebahagiaan. Hal ini diperkuat juga dalam visualisasi dalam iklan shampoo Sunsilk Hair Fall Solution versi Shanty yang menggambarkan model (diperankan Shanty) yang mencoba menarik kuat rambut indahnya dan gambar topi yang coba diperlihatkan oleh si model, dimana di dalam topi tersebut tak ada satu sisa rambutpun yang tertinggal. Untuk memperoleh rambut yang sehat bukanlah sekedar angan-angan belaka. Namun, benar-benar ada dan dapat dilakukan secara nyata. Hal ini dibuktikan oleh model wanita tersebut (diperankan Shanty) yang berhasil mendapatkan rambut yang sehat, tidak mudah rontok setelah memakai shampoo Sunsilk Hair Fall Solution. Makna dari iklan cetak shampoo Dove anti Dandruff adalah: shampoo Dove anti Dandruff merupakan shampoo yang mengerti wanita, yang dapat menunjang kepercayaan diri wanita. Hal ini tampak dalam visualisasi iklannya yang menggambarkan seorang mahasiswi yang juga berprofesi sebagai penyiar radio bernama Mira, yang merasa terganggu dengan masalah ketombe dirambutnya. Tetapi setelah memakai shampoo Dove Anti-Dandruff ini, dia merasa terbebas dari ketombe yang selama ini sangat mengganggu aktifitasnya sebagai seorang penyiar radio. Hal ini diperkuat pula pada penunjukkan masalah waktu dalam iklan ini yang dip erlihatkan p ada kata “ sekarang” dalam teks ”Sekarang pake DOVE, Bebas dari ketombe...Siaran pake headphone ga keganggu lagi!”. Kata “sekarang” ini dimaksudkan untuk menjelaskan efek y ang dirasakan si model setelah pemakaian produk shampoo tersebut.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: rangga darmajati
    Date Deposited: 25 Jul 2013 15:23
    Last Modified: 25 Jul 2013 15:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9144

    Actions (login required)

    View Item