KINERJA PT. ASKES CABANG SURAKARTA DALAM PELAYANAN TERHADAP PESERTA ASKES SOSIAL

FIRMANTYO, ARIE (2009) KINERJA PT. ASKES CABANG SURAKARTA DALAM PELAYANAN TERHADAP PESERTA ASKES SOSIAL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1196Kb)

    Abstract

    PT. Askes adalah sebuah perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan asuransi kesehatan di Indonesia khusunya peserta askes sosial. Askes sosial diperuntukan untuk pegawai negeri sipil, TNI-Polri dan Veteran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja PT. Askes cabang Surakarta dalam layanan askes sosialyang dilihat dari indikator kinerja yakni efektivitas, kualitas pelayanan dan responsivitas serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja PT. Askes cabang Surakarta tersebut. Rumusan masalah adalah Bagaimana kinerja PT. Askes Cabang Surakarta dalam Pelayanan Terhadap Peserta Askes Sosial ?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif . Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, telaah dokumen dan observasi. Wawancara dilakukan kepada pihak terkait yang berhubungan denganobyek penelitia, yaitu kepala cabang, kepala seksi dan dilanjutkan kepada peserta askes sosial dengan metode purposive sampling sebagai metode pengambilan sampelnya. Telaah dokumen dilakukan terhadap dokumen maupun buku-buku pedoman yang berhubungan dengan topik penelitian. Observasi yaitu melakukan pengamatan langsung mengenai fasilitas, saran dan prasarana di PT. Askes cabang Surakarta. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data yakni menguji data yang sejenis dari berbagai sumber dan tehnik analisis datanya adalah analis is interaktif dengan komponen analisis yakni reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa kinerja pelayanan PT. Askes cabang Surakarta terhadap peserta askes sosial umumnya sudah berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan tolak ukur sebagai berikut efesiensi PT. Askes cabang Surakarta dalam pelayanan askes sosial tidak memakan waktu yang lama dalam proses pelayanannya, sedangkan untuk kualitas pelayanan askes sosial di PT. Askes cabang Surakarta sudah cukup memuaskan. Untuk responsivitas pihak askes sosial terhadap peserta askes sosial dalam menangani keluhan para peserta askes sosial umumnya sudah baik karena keluhan dari peserta askes sosial langsung di proses oleh PT. Askes cabang Surakarta. Faktor- faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan askes sosial adalah jumlah pegawai yang masih terbatas. Disarankan adanya komunikasi yang baik terhadap mitra kerja PT. Askes Cabang Surakarta agar dapat meningkatkan kinerja pelayanan askes sosial agar semakin baik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: rangga darmajati
    Date Deposited: 25 Jul 2013 15:12
    Last Modified: 25 Jul 2013 15:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9142

    Actions (login required)

    View Item