MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPOGO BOYOLALI TAHUN 2008

Purwanto, Joko (2009) MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPOGO BOYOLALI TAHUN 2008. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2793Kb)

    Abstract

    Joko Purwanto, S 880907006 MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT ( TGT ) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPOGO BOYOLALI TAHUN 2008. Tesis, Surakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2009. Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS geografi pada standar kompetensi memahami unsur fisik wilayah Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Cepogo Boyolali dengan jumlah siswa 40 yang terdiri dari 18 laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus hingga Sepetember pada semester ganjil tahun ajaran 2008/2009. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan teknik observasi, teknik angket, dan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model Teams Games Tournament mendapat respon yang cukup baik oleh siswa sehingga mampu menumbuhkan minat belajar terhadap mata pelajaran IPS Geografi. Hal ini dapat terlihat dari hasil perolehan nilai hasil belajar pada siklus 1 maupun siklus 2. Pada siklus 1 dari jumlah siswa kelas VIIIA sebanyak 40 siswa mendapat nilai kurang dari 6,5 sebanyak 27 anak (67,5%), sedangkan yang mendapat nilai 6,5 keatas berjumlah 13 siswa (32,5%), sehingga bila di rata-rata 5,75 nilai hasil belajar siswa pada siklus 1. Sedangkan pada siklus 1 yang juga diikuti 40 siswa yang mendapat nilai kurang dari 6,5 ada 2 siswa (5%) dan yang mendapat 6,5 keatas sebanyak 38 siswa (95%). Dalam penelitian ini terjadi peningkatan pada prosentase ketuntasan belajar. Pada siklus 1 mencapai prosentase kelasikal 32,5 dan pada siklus 2 diperoleh prosentase ketuntasan klasikal 95%. Dari hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament mampu meningkatkan nilai hasil belajar siswa yang terlihat dari meningkatnya prosentase ketuntasan belajar yang meningkat 62,5%.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Lingkungan
    Depositing User: neno sulistiyawan
    Date Deposited: 25 Jul 2013 12:37
    Last Modified: 25 Jul 2013 12:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9120

    Actions (login required)

    View Item