KUALITAS PELAYANAN SERTIFIKASI TANAH MELALUI PROGRAM LARASITA DI KABUPATEN KARANGANYAR

Baktiar, Ananta Budhi (2009) KUALITAS PELAYANAN SERTIFIKASI TANAH MELALUI PROGRAM LARASITA DI KABUPATEN KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Ananta Budhi Baktiar, D1107507, Kualitas Pelayanan Sertifikasi Tanah Melalui Program Larasita di Kabupaten Karanganyar, Skripsi, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2009, 108 Halaman. Salah satu badan yang berwenang dan bertugas serta berfungsi untuk menangani masalah pertanahan secara nasional adalah Badan Pertanahan Nasional yang bertugas serta mengembangkan administrasi pertanahan, khususnya Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar menciptakan mobile service yang berbasis teknologi modern yaitu Layanan Rakyat Untuk Sertifikasi Tanah atau disebut dengan Larasita. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana Kualitas Pelayanan Sertifikasi Tanah Melalui Program Larasita di Kabupaten Karanganyar serta apa faktor pendukung maupun penghambat dalam pelaksanaanya. Penelitian ini merupakan suatu penelitian diskriptif kualitatif, dimana peneliti bermaksud untuk menggambarkan fenomena yang ada dengan menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematis untuk mempermudah pemahaman dan penarikan kesimpulan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang secara tidak langsung untuk mendukung data primer. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dimana sampel yang diambil berdasarkan pertimbangan tertentu. Analisis data menggunakan analisa model interaktif, dengan tiga alur kegiatan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Sertifikasi Tanah Melalui Program Larasita di Kabupaten Karanganyar sudah berjalan dengan baik, kualitas tersebut meliputi: 1. Bukti Langsung, yaitu sosialisasi yang terus menerus dilakukan, serta dengan peralatan yang lengkap dan modern, dan hasil yang telah dicapai selama tiga tahun adalah 10.207 bidang tanah sudah bersertifikat 2. Kehandalan yaitu melakukan proses pelayanan yang cepat dan teliti sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan 3. Daya Tanggap yaitu menjawab dengan jelas dan cepat keluhan dari masyarakat mengenai masalah pertanahan 4. Jaminan yaitu kemampuan dan pengetahuan dari petugas larasita yang baik dan transparan dalam hal biaya untuk pensertifikatan 5. Empati yaitu sikap yang baik, sopan santun dan sedikit perhatian dari petugas kepada masyarakat pengguna jasa Larasita. Faktor-faktor pendukungnya antara lain: aturan, organisasi, pendapatan, kemampuan dan keterampilan, serta sarana pelayanan. Sedang untuk faktor penghambatnya adalah mengenai masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan sertifikasi tanah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 25 Jul 2013 12:30
    Last Modified: 25 Jul 2013 12:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9118

    Actions (login required)

    View Item