Kurniawati, Erni Dewi (2009) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN TEMATIS (Studi Pengembangan di SMA Negeri 2 Sambas). PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.
![]() | PDF - Published Version Download (2502Kb) |
Abstract
Eni Dewi Kurniawati. S 840907005. 2009. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia dengan Pendekatan Tematis. Tesis. Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) merumuskan kebutuhan bahan ajar menurut guru dan siswa; (2) mengembangkan prototype menjadi bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia dengan pendekatan tematis di SMA; (3) mengetahui keefektifan bahan ajar yang dikembangkan; dan (4) mengetahui kelayakan bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia dengan pendekatan tematis di SMA. Metode penelitian pengembangan (Researh and Development/R&D) digunakan dalam penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar.Tahap metode tersebut mencakup: (1) tahap studi pendahuluan, yakni studi literatur dan studi lapangan; (2) tahap studi pengembangan, meliputi: analisis bahan ajar, desain produk awal (prototype) pengembangan bahan ajar hingga menjadi bahan ajar tematis; dan (3) tahap evaluasi, untuk menguji keefektifan dan kelayakan bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia dengan pendekatan tematis. Hasil yang diperoleh: 1) kebutuhan bahan ajar menurut guru dan siswa, memperhatikan: (a) kfic division within it. TIC of Surakarta has a role taken by TIC staffs related with the activities done by the staffs. TIC is a communication facilitator because TIC facilitates communication to the tourist especially the foreign tourist. This report also shows there are two main roles of their communication. They are to inform and to persuade. The staffs inform the tourist about Surakarta tourism and persuade the tourists to stay for few days in Surakarta. Communication is an important thing of public relations taking the important roles in their services. To achieve the roles, the staffs used two communication techniques. They are informative communication technique and persuasive communication technique.
Item Type: | Thesis (PhD) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2 |
Depositing User: | neno sulistiyawan |
Date Deposited: | 25 Jul 2013 12:28 |
Last Modified: | 25 Jul 2013 12:28 |
URI: | https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9117 |
Actions (login required)
View Item |